Baznas Kota Perlu Evaluasi Pemanfaatan Zakat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sudah menjadi kewajiban bahwa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan Zakat kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti Baznas Kota Palangka Raya yang membagikan 1500 paket hari ini (20/6).

Acara yang dilaksanakan dikantor Kementerian Agama (Kemenag) kota Palangka Raya tersebut dihadiri langsung oleh walikota Palangka Raya, HM Riban Satia. Dalam wawancaranya beliau mengapresiasi peningkatan paket yang dibagikan meski ada sedikit kekecewaan yang perlu dievaluasi oleh Baznas Kota.

“Dana Baznas tahun ini memang meningkat 300%, bahkan pemilik modal dan para pejabat lebih bayak, sehingga tahun ini paket yang dibagikan sebanyak 1500 meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1300 paket,” jelasnya saat wawancara, Selasa (20/6).

Namun lanjutnya, Dengan bertambahnya jumlah paket artinya tingkat kesejahteraan masyarakat berkurang, meskinya paket semakin sedikit, itu artinya tingkat kesejaheraan Masyarakat meningkat.

“Alangkah baiknya paket tidak meningkat bahkan ditiadakan, kemudian bantuan itu kita berikan kepada sektor pendidikan, atau untuk membangun dan merenovasi rumah masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan,” bebernya.

Bahkan dia juga menggambarkan, dengan dana 150 juta yang ada tahun ini, berikan 15 juta untuk satu rumah yang membutuhkan jadi kita mampu membantu 100 rumah.

“Hal semacam ini perlu evaluasi, contoh paket yang ada bernilai Rp 100.000, 2-3 hari paket tersebut sudah habis, coba bila untuk membangun atau merenovasi pastinya lebih dirasakan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Bahkan imbuhnya, dalam menghimpun zakat dilingkup SKPD yang 2,5% harus maksimal, bahkan perlu juga 2,5% lagi dari zakat pribadi atas dirinya, sehingga zakat yang akan dibagikan nantinya terus bertambah setiap tahunnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Palanka Raya Supriyanto, mengatakan bila kehendak kepala daerah seperti itu perlu dorong semua pihak terutama SKPD dalam penerimaan zakat.

“Masukan yang disampaikan kepala daerah akan menjadi bahan evaluasi untuk ditahun depan,” pungkasnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...