Bazda Pandeglang Target Kumpulkan Zakat Rp 2 Miliar

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Pandeglang menargetkan nilai zakat yang dapat terkumpulkan pada tahun ini sebesar Rp 2 miliar. Target ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya berhasil dikumpulkan sebesar Rp 700 juta.

Wakil Ketua Bazda Pandeglang Bidang Pengumpulan, Acang Sutisna menuturkan, untuk mewujudkan target tersebut, baru-baru ini pihaknya telah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dimasing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan jenjang sekolah negeri.

“Target Bazda ingin lebih meningkatkan. Jadi memang saat ini kami baru mengambil langkah dengan membentuk UPZ dimasing-masing SKPD hingga jenjang sekolah. Target kami di atas Rp 1 hingga Rp 2 miliar, karena selama ini hanya mampu dikumpulkan sekitar Rp 700 – Rp 800 juta,” ujarnya saat ditemui di kantor Bazda, Senin (12/6/2017).

Acang mengungkapkan, tahun ini setiap Aparatur Sipil Negera (ASN) dilingkungan Pemkab Pandeglang telah diwajibkan untuk membayar zakat fitrahnya di Bazda, sesuai dengan instruksi bupati. Namun begitu, ia mengaku pihaknya belum dapat memaksimalkan potensi zakat dari kalangan anggota DPRD meski telah memiliki payung hukum berupa Perda Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Zakat.

“Memang untuk anggota dewan belum kami maksimalkan. Tetapi dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi ke DPRD agar para wakil rakyat menyalurkan zakatnya ke Bazda,” katanya.

Sementara dalam pengumpulan zakat fitrah di bulan Ramadan ini, Acang mengaku tidak memiliki target khusus. Bazda belum memetakan potensi zakat yang bisa dikumpulkan dalam zakat fitrah.

“UPZ-UPZ kami baru terbentuk, sehingga zakat fitrah yang diterima belum optimal. Sampai sejauh ini animo yang muncul baru dari kalangan UPZ di sekolah, sedangkan untuk instansi biasanya ramai mendekati lebaran karena beredekatan dengan turunnya gaji ke 14,” beber mantan Ketua DPRD Pandeglang itu.

Adapun nilai zakat fitrah tahun ini ditetapkan sebesar Rp 30 ribu atau jika diberaskan seberat 2.5 kg.

“Kami juga akan bekerjasama dengan masjid ditingkat kecamatan yang berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan MUI untuk memaksimlkan zakat fitrah,” tandasnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...