Bantuan Untuk Korban Banjir Belum Disalurkan, BPBD Tunggu Laporan Camat

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Sebagian besar kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas diterjang banjir. Namun Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) belum menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak banjir.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Jendrawan, membenarkan belum disalurkannya bantuan. “Kalau bantuan yang tahap pertama kemarin sudah kita salurkan, tapi untuk banjir yang sekarang ini memang belum,” ujarnya di Kuala Kapuas, Jumat (2/6/2017).

Menurut Jendrawan, jumlah yang terdampak akibat banjir mencapai ribuan, sementara anggaran BPBD tidak memungkinkan untuk mengadakan bantuan. “Kecuali menggunakan dana Biaya Tidak Terduga (BTT), tapi itu harus statusnya ditingkatkan dari siaga bencana menjadi tanggap bencana,” katanya. .

Karenanya, BPBD masih menunggu laporan data banjir dari masing-masing kecamatan sebagai bahan usulan kepada Bupati Kapuas untuk menetapkan tanggap darurat. “Memang kalau laporan lewat whatapps banyak, tapi keabsahannyakan kita belum bisa menjamin. Jadi, kami minta laporannya secara resmi,” katanya.

Setelah BPBD menerima laporan dari masing-masing kecamatan, selanjutnya BPBD akan membuat usulan penetapan status tanggap bencana kepada Bupati Kapuas.  “Karena yang berhak menentukan tanggap bencana adalah Pak Bupati, dan kalau Bupati setuju maka dana BTT bisa digunakan untuk menyalurkan bantuan,” katanya.

Ditambahkan Jendrawan, kondisi banjir di wilayah hulu Kapuas sendiri tergantung dari intensitas hujan. “Apabila hujannya luar biasa maka air pasti akan naik. Tapi informasi yang kami terima ada dua kecamatan yang sekarang mulai terendam yaitu Kecamatan Pasak Talawang dan Kecamatan Kapuas Tengah. Tapi yang banjirnya terparah di Kecamatan Kapuas Tengah,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...