9,94 KG SABU ASAL MALAYSIA GAGAL EDAR DI MEDAN

MENARAnews, Medan (Sumut) – Polda Sumatera Utara berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu yang akan masuk ke Medan.

 

Petugas berhasil mengamankan 9,94 Kg sabu-sabu asal malaysia dari empat tersangka, yakni Mursalin (41), Abdul Jalil (58), Sulfan (33), dan Zulkifli alias Dun (51). Peredaran narkotika itu berawal dari seorang pemesan yang ada di Medan.

 

Lalu pemesan menyuruh anak buahnya di Malaysia untuk mengambil sabu tersebut. Barang haram itu dibawa melalui jalur laut Belawan.

 

Keempat tersangka berhasil diringkus Sabtu 6 Mei 2017 di lokasi berbeda. Tersangka Mursalin ditangkap di Jalan Lukman Hakim, Tanjung Sari, Medan. Dari Mursalin, petugas mendapati sebuah koper hitam yang berisi sabu-sabu seberat 9,94 Kg.

 

“Ada empat tersangka. Satu yang bernama Samsul masih buron. Dia bandar utamanya,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Minggu (4/6/2017).

 

Mursalin saat diinterogasi menerangkan kalau sabu itu dia peroleh dari Abdul Jalil. Di hari yanh sama, polisi membekuk Abdul Jalil dan Sulfan di Jalan AH Nasution. Abdul Jalil mengaku mendapat barang haram tersebut dari Samsul yang kini masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

Sementara itu, tersangka Zulkifli alias Dun ditangkap di Jalan Karo, Belawan, Medan. Tersangka Zulkifli mengaku bahwa ia disuruh Abdul Jalil untuk menjemput sabu dari Samsul yang kemudian dijanjikan upah sebesar Rp 15 juta.

 

Selain narkoba, petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua unit mobil Honda Odyssey dan Kijang Inova.

 

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) subs Pasal 112 Ayat (2) juncto Pasal 132 Ayat (1) No 35 Tahun 2009 tentang narkotika. (Yug)

 

Comments
Loading...