1.422 Rumah Di Kecamatan Kapuas Tengah Terendam Banjir

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Banjir terjadi di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, hingga menyebabkan sebanyak 1.422 rumah warga di kecamatan wilayah hulu Kapuas itu terendam.

Berdasarkan data Pemerintah Kecamatan Kapuas Tengah, 1.422 rumah warga yang terendam banjir tersebut meliputi 7 desa seperti Desa Bajuh sebanyak 300 rumah, Desa Marapit 80 rumah, Desa Pujon 536 rumah, Desa Tapen 165 rumah, Desa Penda Muntei 61 rumah.

Kemudian Desa Kota Baru 30 rumah dan Desa Kayu Bulan sebanyak 250 rumah termasuk satu UPTD Puskesmas dan lima perumahan medis. “Dari sebanyak tiga belas desa di Kecamatan Kapuas Tengah, tujuh desa diantaranya yang terkena dampak banjir,” kata Camat Kapuas Tengah, Idie I Gaman di Kuala Kapuas, Jumat (2/6/2017).

Menurut Idie banjir terjadi akibat tingginya itensitas hujan dalam beberapa hari terakhir di daerah setempat. “Beberapa hari hujan sehingga menyebabkan banjir,” ungkapnya. Banjir kali ini pun, kata dia, merupakan banjir yang terparah sejak tahun 1994 silam.

“Informasi dari warga banjir seperti ini pernah terjadi pada tahun 1994 lalu, tapi banjir sekarang ini yang terparah karena banyak rumah warga yang terendam kendati pun ketinggian airnya tidak sama di masing-masing tempat, ada yang satu meter dan ada juga yang satu meter lebih,” ujarnya.

Meskipun kebanjiran namun aktivitas masyarakat di daerah itu tetap berjalan seperti biasa, karena menurut Idie masyarakat sebelumnya sudah bersiap, termasuk membuat panggung didalam rumahnya agar tidak kebanjiran.

Camat Kapuas Tengah ini pun mengaku telah menyampaikan data rumah-rumah warga yang terkena dampak banjir tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas. “Datanya sudah saya sampaikan kepada pihak BPBD, mudah-mudahan nanti ada bantuan dari pemerintah daerah untuk masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan,” harapnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...