Wasit Taekwondo Asal Tubaba Peroleh Rekomendasi Jadi Pelatih Internasional

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Pelatih Taekwondo asal Kabupaten Tulangbawang Barat, Sabum Hotman Parulian Sinaga, mengikuti Penyegaran Wasit Nasional (PWN) ke 26 yang digelar Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI). Penyegaran wasit putaran ke tiga zona tengah itu, dilaksanakan tanggal 27 hingga 30 April 2017 di Gedung POPKI Cibubur Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin PBTI yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai aturan pertandingan terbaru 2017 yang diterapkan secara internasional. Selain sosialisasi mengenai aturan pertandingan terbaru, PBTI juga melakukan sosialisasi mengenai SOP Perwasitan dan pertandingan terbaru yang dikeluarkan PBTI belum lama ini.

Pelatih taekwondo Tubaba, yang juga sebagai Wasit Nasional Sabum Hotman Parulian Sinaga, mengaku, kalau dirinya mendapat rekomendasi menjadi Wasit Internasional (Internasional Referee). “Menjadi wasit Internasional diharuskan menguasai Bahasa Inggris dan menyandang Sabuk Hitam DAN 4,” kata Sabum, kepada MENARAnews, Selasa (2/5/2017).

Penyegaran tersebut diharapkan akan menambah pengetahuan para wasit mengenai aturan terbaru. Sehingga akan berdampak pada kualitas pertandingan yang akan dipimpin dari masing-masung daerah. Gelaran PWN kali ini katanya, diikuti oleh 300 wasit se-Indonesia yang terbagi menjadi 3 zona yakni, Timur, Barat dan Tengah. Dari jumlah tersebut terdapat 8 Wasit Nasional asal Lampung juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, Penyegaran wasit nasional kali ini terfokus khusus pada perubahan competition rules terbaru 2017. Terkait dengan adanya perubahan aturan yang memerlukan simulasi nantinya dari para wasit. “Saya berharap KONI dapat mendukung kegiatan tersebut. Apalagi kita mendapat peluang menjadi wasid Internasional tentu membawa nama baik Tubaba,” tandasnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...