Portal Berita Online Indonesia

Umar – Fauzi, Kembali Lanjutkan Pembangunan Lima Tahun Kedepan

Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada serentak 2017 Kabupaten Tulang Bawang Barat, dilantik Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo. Pelantikan serentak yang juga bersamaan dengan dua daerah lainnya yakni, Kabupaten Mesuji dan Peringsewu itu, berlangsung di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (22/5/2017).

Pelantikan tersebut mengacu pada Surat Keputusan Kemendagri Nomor : 131.18-2997 dan keputusan Nomor : 132.18-2978 Tahun 2017, tentang pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung priode 2017-2022.

Namun, pelantikan serentak di Provinsi Lampung ini hanya ditujukan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan masa jabatan berakhir dalam rentang waktu Juli 2016 hingga Mei 2017. Hal itu tertuang dalam petikan Surat Keputusan Mendagri Nomor : 273/2222/SJ.

Berdasarkan tiga Surat Keputusan (SK) tersebut pasangan bupati – wakil bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad Sp dan Fauzi Hasan, SE, MM, resmi dilantik oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, atas nama Mendagri.

“Dari lima kabupaten/kota Provinsi Lampung yang mengikuti Pilkada serentak 2017, hanya ada tiga kabupaten yang Akhir Masa Jabatan (AMJ) di periode tersebut. Masing-masing Kabupaten Tulang Bawang Barat, Pringsewu dan Mesuji,” kata Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, usai melantik tiga kepala daerah dan wakil kepala daerah, Senin (22/5).

 

Gubernur Lampung M. Rhido Ficardo saat memberikan pengarahan kepada tiga kepala daerah yang akan dilantik, Kabupaten Tulangbawang Barat, Mesuji dan Peringsewu di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (22/5).

Gubernur mengingatkan Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik, tugas utamanya adalah menjalankan roda pemerintah daerah dan mensejahterakan rakyat. “Rakyat harus menjadi prioritas,” kata Ridho saat penyampaian amanat usai melantik tiga Bupati dan Wakil Bupati di Balai Keratun, Kantor Gubernur Lampung, Senin (22/5) pagi.

 

Photo bersama tiga kepala daerah yang dilantik berserta istri bersama Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo usai pelantikan di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (22/5).

Ia berpesan agar kepala daerah tidak hanya melakukan pembangunan fisik, tetapi juga sumber daya manusia. Indeks pembangunan manusia Provinsi Lampung masih rendah. “Pembangunan manusia lebih penting dari infrastruktur,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Umar Ahmad, menyampaikan fokus pada infrastruktur di wilayah Tubaba, seperti di daerah pelosok yang kondisi akses jalannya masih memprihatinkan. ” Jika infrastruktur baik, maka secara otomatis roda perekonomian masyarakat juga akan lancar, ” kata Umar, usai dilantik kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, selain menggenjot upaya perbaikan akses infrastruktur, sebagai penunjang pembangunan lainnya, dirinya juga akan pengoptimalkan bidang pendidikan, kesehatan dan sebagainya. “Program tersebut tetap menjadi prioritas kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, secara bersamaan juga dilakukan pelantikan Ketua TP-PKK Kabupaten Tulangbawang Barat, Kornelia Umar, oleh Ketua PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo.

Dalam kesempatan itu, hadir juga pimpinan DPRD Tubaba, Kepala SKPD Tubaba, Mesuji dan Peringsewu, Forkopimda, Ketua dan Anggota DPRD Tubaba, Mesuji dan Peringsewu, serta sejumlah Kepala SKPD Provinsi Lampung. (ADV)