Umar Ahmad – Fauzi Hasan Akan Segera Dilantik

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad – Fauzi Hasan sudah dipastikan akan dilantik pada hari Senin (22/5/2017) pekan depan.

“Pelantikan dijadwalkan Senin depan yang rencananya akan ditempatkan di Bandar Lampung, saat ini kami tengah mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Kadis Kominfo Tubaba Fajril Hikmah, Sabtu (13/5/2017).

Fajril, menjelaskan, Bupati terpilih Tubaba akan dilantik bersamaan dengan tiga Kepala Daerah terpilih lainnya di Kabupaten/kota hasil Pilkada serentak 15 Februari  2017 lalu.

“Yang akan dilantik sebanyak tiga Kepala Darah termasuk Bupati dan Wakil Bupati Tubaba, dan akan dilantik langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo atau di mandatkan kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo,” jelasnya.

Secara teknis, lanjut Fajril, Pelantikan akan dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama sebanyak tiga Kepala Daerah dilanjutkan tahap kedua dan ketiga nantinya.

“Sementara untuk Tubaba masuk tahap pertama yakni pukul 08.30 WIB pagi,” ujarnya.

Kepastian pelantikan tersebut ditandai dengan terbitnya Telegram No. 273/2222/SJ tentang Pelantikan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Dalam surat yang ditujukan kepada gubernur se-Indonesia dan ditembuskan ke presiden RI, wakil presiden RI, menteri polhukam, menteri sekretaris negara, sekretaris kabinet, bupati/wali kota seluruh Indonesia.

Selain itu katanya tembusan juga disampaikan kepada ketua DPRD seluruh Indonesia. Tembusan itu menyampaikan, Mendagri memerintahkan pelantikan dilaksanakan pada 22 Mei mendatang.

Perintah pelantikan tersebut katanya, mengacu pada pasal 164, pasal 164 A, dan pasal 200A Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Namun, pelantikan serentak ini hanya ditujukan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir antara Juli 2016 sampai Mei 2017.

“Provinsi Lampung, hanya tiga kabupaten yang Akhir Masa Jabatan (AMJ) di periode tersebut. Masing-masing Kabupaten Tulangbawang Barat, Pringsewu dan Mesuji,” tandasnya.

Hal tersebut juga dipastikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Kabupaten Tubaba, Agus Subagiyo yang menjelaskan bahwa penentuan tanggal tersebut ditentukan dari hasil rapat di tingkat provinsi. “Iya, untuk pelantikan sudah fix tanggal 22 Mei mendatang” jelasnya.

Penentuan tanggal tersebut lebih awal daripada perencanaan awal yang akan dilakukan pada minggu ketiga Bulan Juni. “Alasannya kita juga belum tahu mengapa dipercepat, tetapi yang jelas sudah ditentukan dalam rapat bahwa akan dilaksanakan pada 22 Mei di Bandar Lampung kemudian serah terima jabatannya pada 23 Mei di Kantor Bupati” ujarnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...