Tingkatkan Sinergitas, DP3APPKB Kalteng Laksanakan Rakorda

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sebagai upaya untuk mencapai sasaran dari program kerja Nasional dan sinergitas dengan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana di Provinsi sampai dengan di tingkat Kabupaten atau Kota se Kalimantan Tengah, diharapkan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng mampu menyesuaikan serta kebijakan pada tahap sinergitas dan integritas program Pembangunan Nasional ke program pembangunan Daerah.

Hal ini disampaikan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalteng Eka Murni, bahwa perlu upaya dan kerja keras bagi semua pelaku pembangunan di pusat dan daerah, agar pelaksanaan kewenangan pusat dan daerah dalam urusan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pengendalian penduduk serta keluarga berencana berjalan harmonis.

“Beberapa hal yang memerlukan koordinasi, sinkornisasi dan sinergitas antara Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dengan OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota pada saat ini,” jelas Eka Murni mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Jum’at (19/05) di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang mengangkat tema “Sinergitas Kesejahteraan Gender, Perlindungan Perempuan dan Anak Menuju Kalimantan Tengah Maju, Mandiri, dan Adil untuk Kesejahteraan Masyarakat menuju Kalteng BERKAH,” yang dihadiri DP3APPKB Kabupaten/ Kota se Kalteng ini.

Adapun lanjutnya, beberapa hal yang perlu dikoordinasikan, diantaranya penguatan kelembagaan sebagai awal pelaksanaan tugas Dinas, Sinkronisasi Program atau Kegiatan, Evaluasi Kinerja tahun 2016 dan program inovasi dalam rangka partisipasi masyarakat untuk mendukung Pembangunan urusan Perlindungan Perempuan dan Anak serta Pembangunan berbasis gender.

Pemberdayaan Perempuan, kesetaraan gender dan Perlindungan Anak, ujar Eka lebih dalam lagi, merupakan bagian yang tak terpisahkan dan menjadi satu kesatuan dalam proses Pembangunan Manusia Indonesia yang berkualitas. Karena kualitas hidup perempuan yang optimal pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas generasi mendatang.

“Dapat diartikan, kualitas hidup perempuan sangat menentukan kondisi anak-anak yang dilahirkan terhadap tumbuh kembang anak, baik fisik, mental maupun intelegensinya. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kepedulian masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan,” katanya lebih dalam lagi.

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Kalteng juga berharap dalam kegiatan kali ini semua pihak dapat menyamakan visi dan, misi dan persepsi dalam meningkatkan Koordinasi dan sinergitas program terintegrasi. Sekaligus untuk memantapkan komitmen bersama baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten atau Kota.

“Tentunya dalam memberdayakan, mendirikan, mensejahterakan masyarakat khususnya kaum perempuan dan anak terlindungi dari segala bentuk kekerasan. Kita juga berharap rapat Koordinasi ini sekaligus mencetuskan rencana Program prioritas di tahun 2018 nanti,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...