Tingkatkan Kapasitas, PDAM Pandeglang Segera Bangun Sumber Air Baru

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang mengaku memiliki sejumlah program kerja prioritas pada tahun 2017. Salah satu yang diseriusi, yakni pembuatan mata air baru di Curug Anjing, Kecamatan Labuan.

Rencananya, mata air ini dikhususkan untuk mengaliri kebutuhan air di 5 kecamatan, diantaranya Labuan, Pagelaran, Carita, dan Panimbang.

“Tahun ini kami punya setidaknya 7 program yang kami siapkan. Salah satunya peningkatan kapasitas PDAM dengan membangun sumber air baru di Kadu Anjing. Kemarin sudah disurvei oleh konsultan,” kata Dirut PDAM Tirta Berkah Pandeglang, Ujang Sumawinata, Jumat (26/5/2017).

Nantinya kata Ujang, sumber air terebut akan menghasilkan 20 liter air per detik. Saat ini, PDAM tengah mengurus pembebasan lahan. Sedangkan biaya pembangunan, akan didanai oleh APBN dengan nilai anggaran mencapai Rp 5 miliar.

“Rencananya akan didanai oleh APBN. Tentu kami bersyukur ada perhatian dari Pemerintah Pusat,” imbuhnya.

Menurut Dia, dengan adanya penambahan sumber air tersebut, diharapkan pula dapat meningkatkan jumlah pengguna air bersih PDAM. Karena ia menyebutkan, program lain yang dicanangkan pada tahun ini, ialah penambahan pengguna baru sebanyak 1.300 saluran. Selama tahun ini, perusahaan plat merah itu baru mendapat 290 saluran baru.

“Oleh karenanya guna menarik minat konsumen, PDAM memangkas biaya pemasangan awal. Dimana jasa pemasangan, kini hanya sebesar Rp 490 ribu. Jauh di bawah harga normal yang biasanya dipatok Rp 1.3 juta,” sebut Ujang.

Akan tetapi, pemasangan saluran baru itu difokuskan hanya untuk masyarakat disekitar Kecamatan Menes, Labuan, Panimbang, dan Sobang. “Karena kalau di pusat kota Pandeglang sudah padat,” jelasnya seraya mengatakan sampai saat ini PDAM telah memasang 19.000 saluran air se Pandeglang.

Program lainnya yang tak kalah penting tambah Ujang, yakni rehabilitasi pipa saluran sumber air di Cikoromoy. Karena pipa untuk mendistribusikan kebutuhan air di pusat kota Pandeglang, kerap mengalami kerusakan lantaran usianya yang mulai usang. Akibatnya selama ini PDAM seringkali merugi dikarenakan pipa Cikoromoy yang selalu bocor.

“Selain itu kami juga akan menambah pompa di Karabohong, Labuan. Sehingga jika di Labuan (Kadu Anjing) ada perbaikan, itu bisa memback up untuk distribusi air,” terang pria yang dilantik pada awal tahun 2017 itu. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...