Tenaga Kontrak Kesehatan Diminta Bekerja Secara Profesional

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas telah meningkatkan status sejumlah Tenaga Kerja Sukarela (TKS) kesehatan di daerah setempat menjadi tenaga kontrak. Pelaksana tugas Kepala Dinkes Kapuas, Apendi pun meminta  tenaga kontrak kesehatan yang baru tersebut dapat bekerja secara profesional.

“Setelah proses penandatangan kontrak TKS menjadi tenaga kontrak di situ kami memberikan arahan kepada mereka agar bekerja dilapangan secara profesional,” ujar Apendi di Kuala Kapuas, Selasa (30/5/2017).

Sekretaris Dinkes Kapuas yang sekaligus menjabat Plt Dinkes Kapuas itu, mengakui jika selama ini dalam pengangkatan TKS menjadi tenaga kontrak pihaknya belum memberikan arahan secara spesipik, namun pada tahun ini Dinkes menekankan kepada para tenaga kontrak kesehatan yang baru agar betul-betul dapat meningkatkan Program Indonesia Sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pendekatan keluarga.

“Nah, untuk itu masing-masing mereka (tenaga kontrak kesehatan) kita harapkan dapat membina keluarga di desanya dengan menggunakan profesional mereka, yaitu membuat asuhan keperawatan maupun membuat asuhan kebidanan dan menjalankan administrasi lainnya,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Apendi, pihaknya nantinya dapat dengan mudah mengevaluasi para tenaga kontrak kesehatan tersebut, baik kehadiran maupun kegiatan mereka serta hasil yang dikerjakan.

“Jadi, bisa kita pantau mereka dengan baik, dan kita juga kerjasama dengan Puskesmas dan desa sehingga apa yang menjadi visi misi Kementerian Kesehatan yaitu Program Indonesia sehat dan diterjemahkan oleh Kabupaten Kapuas yaitu Program Kapuas sehat melalui pendekatan Germas dan pendekatan keluarga dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...