Tekan Lonjakan Harga Sembako, Dinas Perdagangan Kapuas Gelar Pasar Murah Lima Kecamatan

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Guna mengantisipasi dan menekan terjadinya kenaikan harga barang kebutuhan pokok pada saat bulan ramadhan dan Idul Fitri. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan TP-PKK Kapuas akan menggelar pasar murah.

Kegiatan pasar murah tersebut akan dilaksanakan di lima titik di wilayah Kabupaten Kapuas yakni Kecamatan Selat, Kecamatan Kapuas Timur, Kecamatan Kapuas Kuala, Kecamatan Bataguh dan Kecamatan Kapuas Murung.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas H Suparman, diprediksi biasanya setiap tahun menjelang hari besar keagamaan khususnya ramadhan dan idul fitri akan terjadi kelonjakan harga barang kebutuhan pokok.

“Misalnya harga yang umumnya Rp 100 ribu naik menjadi Rp 150 ribu, bahkan ada yang memanfaatkan kesempatan ini untuk kepentingan-kepentingan usaha yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah,” katanya di Kuala Kapuas, Senin (23/5/2017).

Nah, untuk meredam terjadinya gejolak kenaikan harga tersebut maka Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kapuas akan menggelar kegiatan pasar sembako murah di lokasi di daerah setempat. “Dalam kegiatan pasar murah ini kami bekerjasama dengan Tim PKK Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

Adapun berbagai barang kebutuhan pokok yang akan di jual dalam pasar tersebut diantaranya gula pasir, kacang tanah, mentega, susu dan tepung. “Kita akan jual satu paket langsung dimana di dalamnya bersikan dua kilogram gula pasir, satu kilogram kacang tanah, satu pcs mentega, 1 pcs susu dan satu kilogram tepung terigu,” ungkapnya.

“Dalam kegiatan pasar murah kita memberikan bantuan subsidi lima puluh persen, misalnya dalam satu paket harganya Rp 80 ribu, kita jual hanya Rp 40 ribu saja. Jadi, potongan harganya lima puluh persen dan satu kecamatan kita bagikan seribu paket” tambah Suparman.

Mantan Camat Selat ini mengharapkan, pelaksanaan pasar murah tersebut dapat sesuai sasaran yakni masyarakat miskin sesuai data yang disampaikan kecamatan masing-masing. “Teknisnya barangnya kita serahkan kepada pihak kecamatan dan pihak kecamatan nanti yang membuat kuponnya untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat. Harapan kita bisa tepat sasaran yakni masyarakat yang benar-benar tidak mampu,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...