Sudah Tiga Bulan Warga Lima Desa Nias Utara Hidup Tanpa Listrik

MENARAnews, Nias Utara (Sumut) – Warga di lima desa Kecamatan Lahewa,  Kabupaten Nias Utara,  Sumut sudah hidup tanpa listrik delama tiga bulan.
Desa yang sudah tidak dialiri listrik selama tiga bulan itu antara lain Desa Hiligawoli, Desa Ombolata 1 Dusun, Desa Marafala 1 Dusun, Desa Hilihati 1 Dusun dan Balefadoro Tuho 1 Dusun. Akibatnya, aktifitas warga menjadi sangat terganggu lantaran tidak ada aliran listrik.
Kondisi miris itu pun mulai berdampak buruk pada perekonomian warga. Selurih aktifitas yang menggunakan listrik dilakukan secara manual.
“Semuanya terganggu. Mosalnya biasa kita parut kelapa dengan listrik ini sudah pakai manual,” ujar Ferius Zalukhu, Kamis (04/05/2017).
Terhentinya aliran listrik dipicu karena kabel bungkus listrik yang berada di Desa Omolata rusak total. Pihak PLN pun saat ini masih membiarkan kabel tersebut terjuntai di tanah.
Ama Fona Zalukhu, warga disana menambahkan warga menjadi terbiasa dengan kondisi gelap gulita tanpa aliran listrik. “Kami mulai terbiasa menghadapinya tiap hari karena mau bilang apa lagi,” paparnya.
Kerusakan kabel bungkus yang rusak sejauh 500 meter. Hal itu membuat sekitar 300 KK konsumen PLN tak dapat lagi menikmati arus listrik. (Yug)
Comments
Loading...