Sektor Swasta dan UMKM Harus Dukung Kemah Budaya Nasional

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Palangka Raya pada pertengahan tahun 2017 ini menjadi tuan rumah penyelenggara event Kemah Budaya Nasional (KBN). Pusat pelaksanaan akan mengambil tempat di Kelurahan Sabaru Kecamatan Sebangau. Momentum tersebut menjadi sangat penting, khususnya bagi Kota Cantik Palangka Raya. Karenanya memerlukan peran strategis berupa dukungan dari banyak pihak.

Begitu diutarakan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto ketika bersama rombongan  Pemerintah kota (Pemko) dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) saat meninjau lokasi pusat pelaksanaan KBN di Kelurahan Sabaru, Selasa (16/5).

Lebih lanjut Sigit mengatakan,  selain persiapan harus dilakukan dengan matang oleh  Pemko Palangka Raya. Disisi lain peran pihak swasta dan UMKM harus juga melakukan dukungan dan perencanaan demi suksesnya pelaksanaan event yang nantinya dijadikan  bertaraf Internasional, mengingat banyak peserta  dari negara lain yang sudah menyatakan kesediaanya mengikuti KBN di Palangka Raya.

“Dari sudut pandang peran serta sektor swasta, maka setidaknya perusahaan yang ada di kota Palangka Raya, dapat membantu dukungan dana, terutama memenuhi perencanaan dan kesiapan event. Perlunya dukungan swasta ini tentu bukan tanpa alasan, ini sesuai dan sejalan dengan aturan terkait tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)  dalam membantu pemerintah daerah,ujarnya. Sedangkan dari sudut pandang peran serta sektor UMKM, maka sudah barang tentu harus ada keterlibatan pelaku usaha produksi skala kecil menengan bahkan skala makro untuk menyambut event tersebut. Bila tidak dimanfaatkan, maka akan sangat disayangkan saja. Event ini menjadi kesempatan bagi UMKM atau Industri makro untuk menampilkan sekaligus memasarkan produk unggulannya. Ini peluang. Bisa saja banyak pihak lain memiliki ketertarikan terhadap produk lokal,” cetus Sigit.

Menurut politikus PDI Perjuangan Kota palangka Raya itu, peran sektor swasta maupun UMKM dan industri makro sangatlah penting kehadirannnya,  baik fungsinya untuk mendukung pemerintah daerah, disisi lain  agar lebih memeriahkan pergelaran kemah budaya nasional.

Kemudian  tambah Sigit, bagi Pemko Palangka Raya itu sendiri, maka momen ini akan lebih memperkenalkan  kekayaan seni dan budaya serta kultur maupun adat istiadat. Terlebih lagi untuk memperkenalkan potensi wisata Kota Palangka Raya ke seluruh nusantara.

“Sementara yang tidak kalah penting lagi event KBN akan memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di Palangka Raya, terutama efek positif terhadap peningkatan perekonomian,” katanya.

Event sekelas nasional bahkan internasional tentu berimplilkasi terhadap keuntungan bagi suatu daerah penyelenggara. Sebut saja perputaran uang akan tinggi. Sektor usaha produksi akan diuntungkan. Lalu bidang pembangunan seperti sektor pariwisata sedikit banyak akan terbantu dalam promosi melalui sebuah event,terangnya.

“kalangan DPRD Kota selaku mitra kerja pemerintah,   mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada, untuk  berpartisipasi dengan mempromosikan dan membantu pelaksanaan KBN agar berjalan sukses,” tutup dia.(AF)

Editor: Hidayat

 

Comments
Loading...