Satgas Saber Pungli Tubaba Resmi Dikukuhkan

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Pj Bupati Tulang Bawang Barat Drs. Adeham M.pd, mengukuhkan unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) Kabupaten Tubaba di Aula lantai III Pemkab setempat, Senin (15/5) kemarin. Satgas Saber Pungli ini di kukuhkan berdasarkan Keputusan Pj Bupati Tulangbawang Barat, Nomor : B/224/III.01/HK/Tubaba/2016, tentang pembentukan Saber Pungli.

Dalam sambutannya, Pj Bupati berharap agar seluruh personil yang baru di kukuhkan bisa mensosialisasikan kepada lapisan masyarakat akan keberadaan saber pungli ini. “Agar bisa memaksimalkan wewenang dan menjalankan tugas ini, dengan baik, Saber Pungli harus diketahui masyarakat luas, ” kata Bupati.

Menurut Adeham, pembentukan Satgas Saber Pungli merupakan wujud keseriusan dan komitmen Pemkab atas ditetapkannya Peraturan Presiden RI, guna pemberantasan pungli di segala sektor wilayah Tubaba. “Inikan instruksi dari pusat, jadi kita pasti mendukung guna pemberantasan pungutan liar,” ujarnya lagi.

Adeham mengingatkan apabila ada kendala di lapangan, segeralah konsultasikan dengan duduk bersama agar bisa memecahkan juga bersama. Ia pun berharap tim saber pungli bisa mencapai apa yang di harapkan dan di Tubaba terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

“Organisasi ini terdiri dari beberapa instansi, yakni, Kepolisian, Kejaksaan Negeri, TNI, dan dari Inspektorat Pemkab Tubaba. Apabila Masyarakat di lapangan ada temuan pungli, silahkan laporkan saja ke tim satgas, ke Nomor 08117940500, identitas pelapor akan di rahasiakan,” pungkas bupati.

Pengukuhan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh kepala SKPD, Kepala Tiyuh (Desa) se-Tubaba dan Instasi lainnya. Sosialisasi yang berlangsung itu di pandu langsung oleh Kapolres Tulang Bawang AKBP. Agus Wibowo S.IK. Dalam kegiatan itu kapolres memberikan pemahaman baik pencegahan dan penindakan pungli.

Satgas Saber Pungli tersebut di Ketuai oleh waka Polres Tulang Bawang, Kompol Zulman Topani S,pd. Sedangkan Wakil Ketua I dijabat oleh Sekdakab Tubaba. Selanjutnya Waka II ditetapkan kepada Inspektur Tubaba. Untuk Waka III dipercayakan dengan Kasi Intel Kejari Menggala dan Sekretaris Saber Pungli dijabat oleh Asisten III Pemkab setempat Perana Putera. (JE/RZ)

Comments
Loading...