Sambut Hari Kebangkitan Nasional, Mahasiswa Gelar Aksi Di DPRD

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Tanggal 20 Mei yang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional dirayakan oleh seluruh rakyat indonesia khususnya para pelajar dan mahasiswa, tak terkecuali Mahasiswa Bukittinggi yang menyuarakan beberapa tuntutan mahasiswa. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Mahaiswa Bukittinggi menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Bukittinggi.

Aksi berlangsung Jum’at sore (19/05) dari titik kumpul Universitas Negeri Padang Belakang Balok menuju Gedung DPRD Kota Bukittinggi. Dalam orasinya, mahasiswa menyampaikan kepeduliannya terhadap bangsa Indonesia yang dinilai makin terpuruk di Hari Kebangkitan Nasional. Selain itu, mahasiswa juga menyampaikan lima tuntutan aksi, antara lain tolak naiknya harga listrik, tegakkan demokrasi, wujudkan supremasi hukum, stop politisasi dan intervensi agama dan stop represif aparat terhadap aktivis.

Perwakilan Akis Mahasiswa Bukittinggi, Harbendi mengatakan bahwa aksi tersebut berasal dari 19 perguruan tinggi yang ada di Bukittinggi. Pihaknya menjelaskan bahwa tujuan aksi ini adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat pada umumnya.

“Kami atas nama mahasiswa Bukittinggi melihat bahwa momen hari kebangkitan nasional adalah momen bagus untuk menilai kinerja pemerintah saat ini. Kami berharap mengingat tuntutan ini adalah aspirasi dari masyarakat luas, sehingga untuk dapat disampaikan kepada Presiden, Pemprov maupun Pemda. Apabila 5 poin tuntutan tersebut dalam waktu satu minggu tidak ditindaklanjuti, maka Mahasiswa Bukittinggi akan menggelar aksi lanjutan dengan massa lebih banyak” tegas Ketua BEM IAIN Bukittinggi.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan bahwa keadailan tidak ditegakkan secara tegas lagi. Selain itu, penegakan hukum cenderung terlihat memandang bulu. Hukum sangat mudah diperjualbelikan bagi kalangan atas dan sangat sulit untuk ditegakkan bagi kalangan bawah.

Dalam aksinya, mahasiswa disambut langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Bukittinggi, Rusdy Nurman. Sebagai perwakilan DPRD, Rusdy mengapresiasi semangat kebangkitan nasional yang dilakukan oleh generasi penerus bangsa, yaitu mahasiswa.

“Kami mengapresiasi bahwasanya mahasiswa yang tergabung dalam aksi ini sangat peduli atas kondisi yang terjadi pada saat ini, baik secara nasional, regional dan lokal,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Rusdy menegaskan bahwa DPRD sebagai penyambung aspirasi akan menyampaikan aspirasi mahasiswa melalui proses dan tahapan yang berjenjang, baik pada pemerintah daerah maupun provinsi. (AD)

Comments
Loading...