Rumah Sakit Palangka Raya Diharapkan Rampung Pada 2018

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya  menargetkan pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D di Kelurahan Klampangan Kecamatan Sebangau  akan rampung serta berfungsi pada tahun 2018 mendatang.

“Pemko menargetkan pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D targetkan selesai pada tahun 2018, sehingga pelayanan kesehatan kepada semua masyarakat  Palangka Raya dapat segera dilakukan,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Andjar, Minggu (14/5).

Dikatakan, rumah sakit tersebut merupakan peningkatan dari Puskesmas yang ada di Kelurahan Klampangan. Bangunan rumah sakit tipe D ini akan didukung sarana  poliklinik, Instalasi gawat Darurat (UGD), rawat inap, poli gigi dan sarana layanan lainnya. Dengan sarana itu nantinya akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan  pelayanan medis.

“Manajemen rumah sakit telah disiapkan secara keseluruhan, setidaknya akan didukung tenaga pegawai tidak kurang dari 100 orang, ditambah tenaga kesehatan maupun tenaga dokter spesialis. Sementara saat ini sejumlah tenaga kesehatan pun tengah menempuh pendidikan sebagai dokter spesialis,” terang Andjar.

Dilanjutkan, proses pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan dan dimaksimalkan, terutama bangunan awal yang masih berfungsi,  seiring proses pembangunan sarana rumah sakit yang terus digenjot pelaksanaannya.

Keberadaan Rumah Sakit Pratama Tipe D tersebut dianggap sangat penting, terlebih Pemko Palangka Raya selama ini belum memiliki rumah sakit sendiri, walaupun di “Kota Cantik” tersebut  telah didukung sejumlah rumah sakit yang  memiliki standar atas. Namun demi memaksimalkan pelayanan kesehatan, tentu kehadiran Rumah Sakit Palangka Raya akan menjadi pilihan bagi masyarakat di wilayah Kota Palangka Raya pada khususnya.

“Rumah sakit tersebut nantinya tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Kecamatan Sebangau saja, tetapi semua kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya terutama untuk mendapatkan pelayanan medis,” imbuh Andjar.

Disebutkan pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D tersebut, dibagi dalam dua tahap, untuk tahap  pertama menelan anggaran sekitar Rp 17 milyar lebih. Sementara tahap kedua sampai dengan selesai  diperkirakan mencapai Rp 60 milyar lebih.

“Selain tetap fokus terhadap penyelesaian pembangunan, kami juga tetap memikirkan bagaimana kesiapan SDM pendukung rumah sakit kedepannya harus terpenuhi dengan baik,’ tutupnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...