PWI Gelar Pelatihan Fotografi Bareng Explore Pandeglang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Belasan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang mengikuti pelatihan Fotografi di Gedung PWI Pandeglang, Kamis (18/5/2017). Kegiatan ini diinisiasi oleh PWI Pandeglang bersama Explore Pandeglang, sebuah akun Instagram (IG) yang mengekplorasi keindahan alam di Pandeglang.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik), serta Kepala Bidang Telematika pada Diskomsantik Pandeglang.

Dalam pelatihan ini, para jurnalis di Pandeglang dibekali pengetahuan dan saling berbagi pengalaman mengenai teknik serta tata cara pengambilan gambar, tidak hanya untuk kebutuhan pemberitaan, namun juga untuk kepentingan lain seperti bidang kreatif. Diharapkan, setelah pelatihan ini kemampuan fotografi Wartawan di Pandeglang bisa meningkat.

“Motivasi digelarnya pelatihan fotografi jurnalis, yakni sebagaimana visi PWI untuk meningkatkan profesionalitas Wartawan. Sehingga diharapkan ke depannya, kualitas foto rekan-rekan Wartawan bisa lebih baik,” ujar Ketua PWI Pandeglang, Abdul Azis.

Menurut Azis, pelatihan fotografi ini menjadi salah satu tanggungjawab PWI dalam meningkatkan kapasitas dan keprofesionalan Wartawan. Mengingat fotografi merupakan salah satu bagian dari jurnalistik.

“Mudah-mudahan acara seperti ini bisa meningkatan kapasitas fotografi Wartawan, agar lebih baik menyampaikan informasi,” harapnya.

Kepala Diskomsantik, Yahya Gunawan mengapresiasi pelatihan yang digagas PWI ini. Karena ia menilai, kegiatan ini bisa mengasah kemampuan dan mengeksplore diri jurnalis. Dengan coaching ini, penguasaan alat dan kemampuan jurnalis pun akan bertambah.

“Kegiatan PWI saat ini semakin baik dan acara ini tepat sekali untuk menjadi bekal. Karena fotografi itu kegiatan yang sangat mengasikan dan menantang,” ujar mantan Camat Pulosari yang juga menyukai dunia fotografi ini.

Dirinya pun berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin. Karena dari dunia fotografi banyak hal yang perlu dipelajari.

“Mudah-mudahan kegiatan rekan-rekan Wartawan bisa lebih baik demi memajukan Pandeglang,” terang Yahya.

Sedangkan inisiator Explore Pandeglang, Imron Maulana memaparkan bahwa pentingnya jurnalis memahami teknik fotografi. Apalagi sekarang fotografi sudah menjadi seni.

“Fotografi jurnalistik itu lebih menantang daripada foto prewedding. Karena dalam jurnalistik, hasil foto-totonya jujur, menggambarkan kejadian apa adanya. Berbeda dengan prawedding yang sudah terkonsep,” tutur pria yang akrab disapa Boim ini.

Adapun ia menyebutkan bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus, tidak perlu jauh-jauh, cukup disekitar lingkungan rumah. Salah satunya dimulai dari hal-hal yang sederhana.

“Ada patokan yang harus dilakukan, yakni hindari hal sepele seperti jangan terburu-buru memencet shutter, jangan biarkan elemen-elemen sederhana dan remeh akan merusak foto secara keseluruhan, hindari benda yang tidak sedap dipandang,” saran pengelola akun yang telah memiliki 14.600 pengikut itu. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...