Puluhan OPD di Pandeglang Masih Setengah Hati Menuju Smart City

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dari hasil visitasi Dinas Komunikasi Infomatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, ternyata masih ditemukan 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menggunakan aplikasi. Padahal Bupati Pandeglang telah menginstruksikan agar seluruh OPD membuat website dan aplikasi sebagai keterbukaan informasi menuju kota cerdas atau Smart City.

Kepala Diskomsantik, Yahya Gunawan menyebutkan, dari 33 OPD yang ada, baru 26 diantaranya yang telah memanfaatkan aplikasi seperti Twitter dan Facebook sebagai sarana menyampaikan informasi.

“Visitasi yang kami lakukan itu agar bisa melihat masing-masing OPD dari sisi pelayanan dan tugas-tugasnya sudah dibantu dengan teknologi apa belum. Ada beberapa OPD yang belum kami kunjungi dan yang sudah itu baru 26 OPD,” kata Yahya, Selasa (16/5/2017).

Maka dari itu kata dia, OPD yang belum menggunakan aplikasi akan didorong supaya segera memiliki aplikasi, karena dengan aplikasi dapat memudahkan bekerja dan memberikan pelayanan serta informasi kepada masyarkat. Mengingat dalam waktu dekat, Pemkab akan meluncurkan secara resmi Command Center yang akan mengintegrasikan seluruh aplikasi dimasing-masing OPD.

“Sampai saat ini rata-rata dari 26 OPD yang kami lakukan visitasi sudah memiliki aplikasi, minimal aplikasi Twitter untuk memberikan informasi ke masyarakat,” jelasnya.

Yahya menerangkan, agar Smart City sukses dan semua OPD memiliki aplikasi, Diskomsantik telah menawarkan pembinaan dan aplikasi agar digunakan dinas yang belum memiliki aplikasi. Bahkan beberapa waktu lalu lanjut Yahya, Pemkab sudah menjalin kerjasama dengan salah satu BUMN yang menawarkan bantuan pembuatan aplikasi.

“Salah satu aplikasi yang akan kami dorong yakni e-surat, karena sudah menjadi peringatan semua pihak bahwa sudah saatnya paperless. Tentu saja dengan adanya e-surat bisa efisiensi dan tidak ada pemborosan kertas. Hal itu juga mempermudah pimpinan (Bupati) dalam mendisposisi apapun, ketika berada diluar kantor,” jelasnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...