Puluhan Hektar Sawah Di Tubaba Diserang Hama Tikus

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Puluhan hektar sawah di Tiyuh (Desa) Pulung Kancana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, diserang hama tikus.

Serangan hama ini tidak hanya berlangsung di malam hari atau saat hujan turun, tetapi juga siang hari. Para petani resah karena serangan tikus mengancam panen padi.

Pemilik sawah Udin, warga Tiyuh Pulung Kencana misalnya, mengaku sebagian sawah miliknya telah rusak karena hewan pengerat tersebut.

Ia merasa miris dan cemas melihat tanaman padinya yang semula tampak hijau dan subur tiba-tiba saja mati dan kering.

Biaya produksi mulai dari pengolahan, bibit, penanaman, pestisida, dan pupuk yang telah menghabiskan jutaan rupiah terancam hilang sia-sia jika gagal panen.

“Kerusakannya parah padi kelihatan berdiri, tapi sudah mati. Biasanya baru ketahuan setelah menguning dan mengering,” kata Udin, Senin (29/5/2017).

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tubaba Sutrisno mengaku pihaknya akan melakukan peninjauan kelapangan terkait sawah warga yang rusak akibat hama tikus.

Sebelumnya ia sudah menganjurkan bagi petani untuk melakukan gobyor secara serentak. Menurutnya kopyor dilakukan dengan menggunakan belerang yang akan ditaruh pada setiap lubang tikus.

“Sebelumnya belerang sudah kita berikan kepada semua petani jadi tinggal mereka lagi yang menggunakan. Kalau stock kurang tinggal lapor ke dinas,” tandas Sutrisno. (JE/RZ)

Comments
Loading...