PRD Semarang Gelar Aksi Simpatik Menangkan Pancasila

MENARAnews, Semarang (Jateng) – Puluhan orang yang tergabung dalam Partai Rakyat Demokratik (PRD) Semarang melakukan aksi simpatik yang mengangkat tema “Menangkan Pancasila” di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (17/05/2017) siang.

Berbagai isu dan aksi nasional yang akhir-akhir ini cenderung SARA dan mengabaikan substansi kebangsaan melandasi terselenggaranya aksi simpatik ini.

“Pancasila adalah warisan dari para pendiri bangsa yang memiliki kekuatan moral sekaligus filosofis. Oleh karena itu, Pancasila sudah selayaknya menjadi pedoman dan pegangan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Ketua PRD Semarang John Arie Nugroho.

John Arie menambahkan, politik SARA yang terjadi beberapa waktu terakhir perlu diperhatikan, karena problem bangsa saat ini bukan mengenai SARA, melainkan berkaitan dengan amanah yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Jika kita menilik situasi dari jaman orde baru hingga era reformasi, hakikatnya Pancasila belum menang. Pengelolaan Negara kita masih menghamba pada modal dan belum sepenuhnya berpihak kepada rakyat miskin,” tegasnya.

Dalam aksi simpatik tersebut, PRD Semarang mengkampanyekan Enam Maklumat Rakyat, antara lain:

Pertama, kembalikan dan laksanakan Pancasila sebagai dasar Negara dan filosofi bangsa;

Kedua, kembalikan jiwa dan semangat Pancasila, yaitu gotong-royong, untuk mewujudkan demokrasi ekonomi dan demokrasi politik;

Ketiga, jadikan Pancasila sebagai benteng melawan neoliberalisme;

Keempat, jadikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa;

Kelima, jadikan Pancasila sebagai nilai yang mencerminkan jatidiri dan kepribadian bangsa Indonesia;

Keenam, mewujudkan keadilan social sejati untuk rakyat. (da)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...