Polda Kalteng Buat Aplikasi “Hilang Temu” Untuk Temukan Ranmor Hilang

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Salah satu bentuk pelayanan Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng terhadap masyarakat terkait permasalahan kehilangan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang kerap terjadi, serta sulitnya mengidentifikasi kepemilik kendaraan, mengharuskan aparat Kepolisian untuk berinovasi melalui perkembangan teknologi yang ada.

Inovasi yang dimaksudkan yakni melalui Apilkasi “Hilang Temu.” Hal ini boleh dikatakan baru kali ini dicetuskan oleh Kepolisian Republik Indonesia dan pertama dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalteng. Bahkan aplikasi “Hilang Temu” dapat langsung digunakan Masyarakat melalui HP berbasis Android.

Launching Aplikasi ini pun dilakukan oleh Dirlantas Polda Kalteng usai menggelar kegiatan apel gabungan pada operasi patuh telabang 2017 yang dilaksanakan di halaman Mapolda Kalteng Jl. Tjilik Riwut Km.1 Kota Palangka Raya, Selasa (09/05).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Jajaran TNI Korem 102/PJG, Kejaksaan Tinggi Kalteng, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Pengadilan Tinggi, serta tamu undangan lainya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menaranews.com di lapangan, ada sekitar 300 kedaraan dimana 69 telah teridentifikasi kepemilikanya dari hasil temuan jajaran Kepolisian Resort di 13 Kabupaten dan Satu Kota se Kalteng, serta satu unit mobil berhasil ditemukan.

Bahakan dalam kegiatan Launching tersebut, sekitar 7 kendaraan berhasil diterima oleh pemilik kendaraan yang sah. Salah satunya pak Selamet Abidin ketika diwawancarai menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Kepolisian Daerah Polda Kalteng.

“Ketika itu motor saya parkirkan di depan rumah, lupa kunci setang motor saya hilang. Langsung saya laporkan ke Polsek Pahandut setengah tahun lalu. Alhamdullillah motor saya ditemukan, dan kondisinya masih layak” ujar Selamet Abidin.

Menurut informasinya yang disampaikan, Aparat Kepolisian menemukan kendaraan di Daerah Parenggean. Dan tak lupa dia juga mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kendaraan buat usaha sudah ditemukan.

“Selama ini saya usaha atau jualan menggunakan motor pinjaman dari mertua istri saya aja, dan Alhamdullillah motor saya berhasil ditemukan.” jelasnya menambahkan.

Berkenaan dengan Aplikasi Hilang Temu, Kapolda Kalteng Brigjen Pol. Anang Revandoko melalui Dirlantas Polda Kalteng, Kombes Pol. M.Taslim Chairuddin ketika diwawancarai menyampaikan, Aplikasi ini merupakan terobosan baru di tubuh Kepolisian RI.

“Karena Aplikasi ini adalah gagasan pertama kali dan dilakukan pertama kali juga oleh Polda Kalteng. Diharapkan masyarakat Kalteng sendiri dapat mengakses dan menggunakan sebagaimana mestinya dan gratis di download di playstore Android,” jelas M. Taslim.

Aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu kinerja aparat Kepolisian untuk melakukan identifikasi kepemilikan kendaraan yang selama ini sangat diarasa sulit ditemukan. Ketika Aplikasi ini digunakan Masyarakat yang kebetulan merasa kehilangan, dapat langsung mencantumkan data dirinya ke menu yang disediakan.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...