Peserta Tubaba Lolos Seleksi Paskibra Tingkat Provinsi

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dua peserta asal Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) lolos dalam Seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Lampung tahun 2017, dan dipastikan akan tergabung dalam Paskibra Provinsi Lampung yang akan bertugas pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 ditingkat provinsi, Agustus mendatang. Mereka yakni Roby Afriyan dan Meilani Indah Putri, keduanya merupakan siswa SMA Negeri 1 Tumijajar.

Ahmadzen, S.Sos, Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tubaba mengatakan, pada seleksi yang berlangsung di Bandar Lampung, Selasa-Rabu (9,10/5) itu, Pemkab Tubaba melalui Disporapar mengikutsertakan Enam orang peserta, namun setelah mengikuti seluruh tahapan  dalam seleksi itu, hanya dua yang dinyakatan lolos.”Mereka ini adalah peserta terbaik yang lolos dalam seleksi Paskibra tingkat kabupaten. Tapi, pada seleksi provinsi hanya dua orang saja yang lolos,”ungkapnya saat dihubungi  via ponselnya, Minggu (14/5/2017).

Menurutnya, mereka yang lolos seleksi provinsi tersebut juga berkesempatan mengikuti seleksi tingkat nasional, namun tidak ada yang lolos.”Meski demikian, kita tetap bersyukur ada perwakilan dari Tubaba yang lolos ditingkat provinsi. Sedangkan bagi mereka yang gagal seleksi provinsi tentunya kembali bergabung sebagai peserta Paskibra Kabupaten Tubaba,”terangnya.

Ahmadzen menjelaskan, sebelum mengikuti seleksi provinsi dan nasional tersebut, pihaknya telah melakukan seleksi tingkat Kabupaten Tubaba yakni pada tanggal 29-30 Maret yang lalu.”Dalam seleksi itu, kita menjaring sebanyak 32 peserta dan yang kita kirim untuk mengikuti seleksi provinsi tersebut adalah peserta terbaik dalam seleksi kabupaten. Dengan demikian, karena 2 peserta lolos (masuk) ke provinsi, jadi saat ini tinggal 30 orang saja,”paparnya.

Untuk diketahui, lanjutnya lagi, pada seleksi peserta Paskibra tingkat kabupaten itu, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni dimulai dari seleksi tingkat kecamatan. Dalam kegiatan seleksinyapun, kata dia, tetap melibatkan unsur TNI/Polri, Purna Paskibra Indonesia (PPI) Tubaba, dan Tim Medis yang tergabung dalam Tim Seleksi Peserta Paskibra 2017 tingkat Kabupaten Tubaba. “Artinya, dalam seleksi ini, kita tetap mengutamakan objektifitas dalam penilaian, sehingga yang masuk atau lolos sebagai peserta adalah hasil maksimal yang telah melalui seleksi ketat,”bebernya.

Dia menambahkan, setelah seleksi dilakukan, tahapan berikutnya yakni kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) bagi peserta paskibra yang lolos seleksi.”Tapi, untuk kegiatan ini akan dilaksanakan menjelang peringatan HUT RI, yakni akan dimulai sekitar akhir bulan Juli mendatang. Seluruh peserta wajib mengikuti Diklat, dan kita berharap mereka sukses menjalankan tugas utamanya dalam Upacara HUT RI di kabupaten ini,”tukasnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...