Perkuat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Upaya mempertahankan nilai hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dilakukan Pemkab Kapuas dengan menggelar kegiatan asistensi penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Selasa (23/5/2017) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Kapuas saat itu dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Kapuas Vitrianson mewakili Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan dihadiri Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale serta Dra Nadimah selaku Asisten Deputi Koordinator Pelaksana Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah dari Kemenpan RB.

Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis dibacakan Vitrianson mengatakan, perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen merupakan aganda penting dalam reformasi birokrasi yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini.

Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfocus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Maka dari itu pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas dan teratur serta efektif yang disebut dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Nah, Kabupaten Kapuas sendiri, lanjut Bupati, telah menerima hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2016, dimana tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

“Hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas memperoleh nilai 60,88 atau predikat B,” ungkapnya.

Hasil penilaian tersebut menunjukan tingkat efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Hal ini, terang Bupati, disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kabupaten Kapuas sudah mulai berjalan, namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...