Pemkab Kapuas Benahi Jalan Akses TPA Palingit

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas mulai melakukan pembenahan terhadap infrastruktur jalan lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak.

Jalan TPA Palingit yang sebelumnya hanya kondisi tanah kini dilakukan peningkatan dengan konstruksi base A oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni, mengatakan, pembenahan jalan akses TPA dilakukan untuk memudahkan mobilisasi angkutan sampah menuju ke titik pembuangan akhir. Selain itu, perbaikan jalan TPA juga sesuai permintaan tim verifikasi Adipura agar  spot-spot jalan TPA yang mengalami kerusakan diperbaiki.  

“Beberapa titik jalan TPA yang mengalami kerusakan adalah sepanjang 500 meter. Jadi, panjang jalan itu dulu yang sementara ini kita perbaiki dengan lebar 1,5 hingga 2 meter, konstruksi base A dan ketebalan 50 centimeter,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (4/5/2017).

Adapun total panjang jalan TPA Palingit keseluruhan adalah 3,1 kilometer. “Rencananya tahun ini juga semuanya akan ditingkatkan sampai pengaspalan sehingga terpenuhilah keperluan kita jalan-jalan menuju akses ke pembuangan proses akhir sampah,” ujarnya.

Lanjut Isnaeni, saat ini TPA Palingit hanya memiliki satu jalur masuk yang dilewati angkutan sampah. Nah, pada tahun 2018 mendatang diharapkan tempat pembuangan akhir sampah tersebut memiliki dua jalur baik untuk masuk dan keluar. “Itu terkait dengan perluasan areal TPA,” jelasnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat meninjau TPA Palingit beberapa waktu lalu, menilai bahwa pengelolaan tempat pembuangan akhir sampah tersebut saat ini cukup baik.  

“Sekarang sampah dipilah-pilah dulu, yang bisa dimanfaatkan diambil lalu sisanya ditimbun tanah kemudian menjadi sesuatu yang berguna, seperti gas metan,” katanya.

Selain berencana akan menambah luasan lahan TPA Palingit, Pemkab Kapuas juga akan terus meningkatkan sarana prasarana penunjang tempat penumpukan akhir sampah tersebut, salah satunya mengaspal jalan lingkungan TPA. “Mudah-mudahan dalam waktu segera bisa kita penuhi semua apa yang menjadi standar TPA,” ujar Ben Brahim. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...