Pelantikan Pengurus HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Bukittinggi

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bukittinggi Komisariat Tarbiyah IAIN Bukittinggi mengadakan pelantikan pengurus baru pada (10/05) di Gedung A kampus IAIN Kubang Putih Bukittinggi. Pengurus periode 2017/2018 tersebut dilantik secara langsung oleh Ketua Umum HMI Cabang Bukittinggi, Joni Riski Saputra. Dalam pelantikan tersebut, HMI Cabang Bukittinggi mengusung tema “Revitalisasi Militan Komisariat Tarbiyah dalam Mewujudkan Pemimpin yang Aktif, Responsif, Religius dan Bertanggung jawab”.

Seremonial pelantikan dimulai dengan pembacaan surat keputusan oleh sekretaris umum HMI cabang Bukittinggi, M. Jamil. Selanjutnya pengukuhan kepengurusan HMI Komisariat Tarbiyah periode 2017/2018. Pelantikan juga dihadiri oleh Wakil Ketua I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bukittinggi, Afdal. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berkesempatan memberikan saran dan semangat kepada seluruh pengurus dan anggota HMI yang hadir di ruangan.

Dalam sambutannya, Afdal berharap bahwa kader-kader HMI tetap menjaga soliditas dan menciptakan kader kader terbaik yang bisa memimpin bangsa ini. Pihaknya juga menambahkan bahwa untuk menunjang terciptanya kader-kader yang berkualitas, HMI cabang Bukittinggi sering mengadakan diskusi-diskusi serta melakukan pelatihan-pelatihan baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan kader-kader HMI memiliki mental bagus untuk memimpin Indonesia kedepannya.

Sementara itu, Ketua Umum HMI cabang Bukittinggi, Joni Riski Saputra menyampaikan, pada tataran Komisariat memang kegiatan yang mereka lakukan adalah dalam hal kaderisasi. Pihaknya menjelaskan bahwa untuk membentuk kader yang bagus, perlu melalui proses yang panjang. Sinergitas dalam pembentukan kader merupakan kunci utama, tidak hanya dari kadernya sendiri tetapi juga orang yang yang akan membentuk nantinya. Kedepannya untuk mengantisipasi adanya kemunduran kaderisasi, pihaknya menuturkan bahwa hal tersebut kembali kepada tugas salah satu bidang, yaitu Bidang Pengembangan Penelitian dan Pembinaan Anggota yang bertugas untuk meningkatkan nilai-nilai kaderisasi.

Selanjutnya, ketua umum terpilih, Yudi Gucandra menekankan kepada pengurus baru untuk selalu bersinergi dan bekerja sama demi menembalikan kejayaan HMI melalui peningkatan karakter kadernya.

“Harapan saya kepada kawan-kawan kepengurusan baru, mari kita bangun kembali Komisariat Tarbiyah. Sebagai Ketua Umum baru, saya ingin memperbaiki karakter kader-kader Komisariat Tarbiyah, seperti yang dikatakan oleh Bung Hatta bahwa karakter seorang manusia adalah yang berani mengatakan benar dan salah. Itu yang ingin saya tanamkan kepada kawan kawan Komisariat Tarbiyah. Perlu diingat bersama bahwa HMI adalah kampus kedua kita, mari kita kembali dan bangun HMI yang sebenar-benarnya HMI,” tutupnya. (AD)

Comments
Loading...