Pantau Stok Sembako, Bupati Kapuas Turun Ke Pasar 

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Guna memantau langsung ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat selama bulan ramadhan 1438 hijriah. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Blok R Kuala Kapuas, Senin (19/5/2017) pagi.

Dalam Sidak yang juga diikuti unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) tersebut, Bupati Kapuas juga melakukan dialog dengan para pedagang mengenai harga Sembako. Sedangkan untuk stok Sembako pada dasarnya selama bulan ramadhan dipastikan dalam keadaan aman dan tersedia.

Adapun beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya harga daging ayam kampung Rp 60 ribu naik menjadi Rp 65 ribu perkilogram. Kemudian, bawang merah seharga Rp 28 ribu perkilogram, bawang putih mulai dari Rp 55 ribu sampai dengan Rp 60 ribu perkilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada telur itik dari Rp 2.200 naik menjadi Rp 2.400 perbutir, kemudian telur ayam broiler Rp 1.400 naik menjadi Rp 1.500 perbutir. Untuk cabai rawit merah di Pasar Blok R Kuala Kapuas yang dulunya dijual Rp 40 ribu perkilogram kini harganya naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau dari 20 ribu per kilogram naik menjadi sebesar 30 ribu per kilogram.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Kapuas juga melihat pasokan beras yang ada di pasar terbesar di Kuala Kapuas itu, dimana harga beras tidak mengalami kenaikan, demikian pula dengan daging sapi harganya masih tetap bertahan Rp 140 ribu perkilogram dan harga daging ayam broiler masih tetap dijual seharga Rp 28 ribu perkilogram. “Tidak ada kenaikan harga yang signifikan,” katanya.

Secara khusus untuk bawang putih,  memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Nah, terkait dengan kenaikan harga bawang putih itu ia mengaku sudah melakukan kerjasama dengan Bulog Kapuas.

Sebagai upaya menyeimbangkan harga kebutuhan pokok saat ramadhan, Bulog Kapuas pun menjual bawang putih seharga 39 ribu perkilogram. “Jadi bisa dikatakan dapat membantu masyarakat karena tidak ada kenaikan di Bulog Kapuas dimana mereka menjual bawang putih dengan harga jauh dibawah harga pasar,” ungkapnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...