Murung Raya Belum Miliki Laboratorium Penguji Mutu dan Keamanan Pangan

MENARAnews, Puruk Cahu (Kalteng) – Kepala Dinas Disperindakop dan UMKM Kabupaten Murung Raya (Mura), Kariadi S.Sos menyampaikan bahwa sampai saat ini Kab. Mura belum mempunyai laboratorium penguji mutu dan keamanan pangan.

Kariadi menjelaskan alasan sampai saat ini Kab. Mura belum mempunyai laboratorium tersebut dikarenakan pemangkasan anggaran yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini.

“Sebenarnya dari tahun 2016 yang lalu kita sudah bisa mempunyai laboratorium, tetapi karena adanya pemangkasan anggaran, terpaksa alokasi anggaran tersebut kita geser ke pekerjaan yang jauh lebih penting dan benar-benar menyentuh masyarakat,” ujarnya.

Untuk mensiasati agar Murung Raya tetap bisa memiliki laboratorium penguji mutu dan keamanan pangan, pihaknya berencana bekerja sama langsung dengan balai laboratorium Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Selama periode tersebut,  bila ada pemeriksaan maka balai laboratorium Banjarbaru akan membantu melakukan pengecekan.

Pihaknya berharap pembangunan laboratorium ini kedepannya dapat benar-benar terealisasi, paling tidak pada 2018 nanti sudah dimulai pembangunannya, karena fungsi dari laboratorium penguji mutu dan keamanan pangan itu sangat penting dan berguna bagi Kab. Mura. (Adr)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...