Mukomuko Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

MENARAnews, Kab. Mukomuko  – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Mukomuko, Sukiman memastikan bahwa stok makanan di kabupaten Mukomuko aman hingga bulan ramadhan kelak.

Menurut Sukiman, saat ini pihaknya sedang dalam tahap survei pasar untuk memastikan harga pangan masih stabil dan tidak merangkak naik menjelang bulan ramadhan ini.

” anggota kita sedang ke pasar langsung survei harga pangan di pasar, dan nampaknya sampai saat ini harga pangan kita masih stabil”, terang Sukiman.

Selain itu pihaknya juga melakukan pemetaan terhadap daerah mana saja dalam kota yang terkenal rawan pangan. Rawan pangan dimaksud dalam artian luas. Bisa karena gagal panen, atau bisa pula karena gangguan distribusi akibat kendala transportasi.

“Yang jelas tugas kita adalah melakukan pemetaan soal total kebutuhan warga akan pangan di kota ini, dibanding ketersediaannya. Mana yang masih kurang, itu yang kita rekomendasikan untuk diupayakan agar bisa terpenuhi. Rekomendasi itu ke OPD teknis sebagai mitra kerja agar mengupayakan ketersediaan pangan. Jadi kita semacam analis untuk ketersedian pangan di Kota Mukomuko ini,” terang Sukiman
Untuk ketersediaan pangan lanjut Sukiman, paling tidak cadangan makanan harus tersedia untuk seluruh warga di Mukomuko ini hingga memasuki bulan ramadhan kelak.

“Begitupun stok pangan lainnya seperti daging, ikan segar, sus, gula, umbi-umbian, sayuran segar, dan lain sebagainya. Kita harus jamin ketersediaan semua pangan yang ada hingga bulan ramadhan kelak, Artinya kalau dari sekarang kita sudah lakukan survei paling tidak kita sudah tau ketersediaan pangan kita saat ini untuk menghadapi bulan ramadhan kelak”, lanjutnya lagi. (AL)

Comments
Loading...