Minat Baca Tulis Semakin Terkikis, BEM UNMA Gelar Seminar Dan Pelatihan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten menggelar Seminar dan Pelatihan Menulis dalam rangka Memperingati Hari Buku Nasional dengan mengusung tema “Semangat Literasi Di Tengah Arus Kekinian”. Seminar tersebut menghadirkan Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Banten Gol A Gong dan Direktur Eksekutif Rafe’i Ali Institute Fatih Zam.

“Tema yang kami ambil dirasa relevan dengan keadaan saat ini. Pada kenyataannya budaya baca apalagi menulis sudah tergerus oleh zaman”, terang Ketua BEM UNMA Banten Ucu Sufihat.

Setelah acara ini, lanjut Ucu, tindakan selanjutnya yaitu akan dibuat kelompok menulis dan TBM di dalam kampus sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. “Agar mahasiswa UNMA memiliki kecintaan terhadap buku dan dunia tulis menulis. Karena membaca akan mengubahmu dan menulis bisa mengubah dunia”, jelasnya.

Senada dengan Ucu, Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Banten Gol A Gong menuturkan, minat membaca yang rendah dikalangan anak-anak Indonesia khususnya pelajar dan mahasiswa menjadi sorotan penting.

“Budaya baca harus dimulai sejak dini dan diasah semaksimal mungkin karena semangat literasi adalah keterampilan yang bisa kita asah dan akan menjadi potensi yang luar biasa”, tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Rafe’i Ali Institute Fatih Zam membeberkan, seminar ini merupakan bagian terpenting yang sering terlewatkan karena dengan literasi ini mampu membangkitkan gairah anak anak muda untuk membaca dan menulis.

“Dengan membaca dan menulis, kita dapat merubah dunia. Selain itu, salah satu cara agar tidak malas yaitu dengan cara kita tdak pernah berhenti membaca”, pungkasnya. (IY)

 

 

Comments
Loading...