Masih Ada Ritel Modern di Palangka Raya Belum Terapkan HET Gula Pasir, dan Minyak Goreng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Penerapan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tiga komoditi bahan pangan seperti Gula Rp.12.500 per Kg, Minyak Goreng Rp.11.000 per Liter dan Daging Sapi Beku Rp.80.000 per Kg tampaknya masih belum dilaksanakan di sejumlah Ritel Modern yang ada di Kota Palangka Raya.

Dengan alasan, rata-rata pihak manejemen masih belum mengetahui kebijakan yang disampaikan melalui Surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri No.154/PDN/SD/04/2017 tertanggal 4 April 2017 kemarin perihal penetapan HET untuk Gula Pasir, Daging Beku dan Minyak Goreng.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalteng, Jenta ketika diwawancarai menaranews.com Jum’at (12/05) di ruang kerjanya menyampaikan, penetapan harga HET komoditi bahan pangan tersebut berlaku sejak 10 Arpil sampai dengan 10 September 2017 nanti.

“Surat dari Kementrian Perdagangan tersebut ditunjukan kepada para distributor baik minyak goreng, gula pasir sama daging beku. Khusus minyak goreng, harga HET bukan untuk minyak goreng kemasan yang bermerk, tapi lebih kepada minyak kita atau minyak curah,” jelas Jenta.

Kalau untuk gula pasir tampa merk, lanjutnya harganya harus sesuai HET yang ditetapkan yakni Rp.12.500 per Kg. Berdasarkan hasil pantauan dilapangan Disdagperin Provinsi Kalteng beberapa hari yang lalu, ritel modern seperti Indomaret sudah menerapkan HET tersebut, namun masih terdapat ritel modern lainnya yang belum menerapkan HET tersebut.

Hal ini, jelas Jenta lebih dalam lagi, kemungkinan besar diakibatkan perusahaan induk dari masing-masing distributor belum memberikan petunjuk kepada distributor yang ada di masing-masing daerah di Kalteng.

“Mereka juga diwajibkan membuat baner atau spanduk terkait harga HET tadi, sehingga Masyarakat sendiri dapat mengetahui. Kita berharap tujuan dari pemerintah ini dapat dilaksanakan lagi bagi distributor-distributor yang belum menerapkan HET yang sudah ditetapkan,” paparnya menambahakan lebih dalam.

Berdasarkan hasil pantauan menaranews.com di lapangan, memang seperti di Indomaret, minyak goreng bermerk dijual dengan HET yakni Rp.11.000 dan gula pasir tanpa merek seharga Rp. 12.500 per kilogramnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...