Mantir Adat Kecamatan Pasak Talawang Resmi Dilantik

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Kabupaten Kapuas, Talintik E Toepak, melantik secara resmi sekertaris damang, mantir adat tingkat kecamatan dan mantir adat tingkat desa Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas, Selasa (9/5).

Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak dalam sambutannya mengingatkan kepada para mantir adat untuk memegang tekad yang kuat dan agar setiap keputusan dalam persidangan adat jangan sampai pilih kasih, harus membuat keputusan secara adil tanpa ada hal-hal yang membuat keramaian.

“Segala hal yang berkenaan dengan adat adalah mantir adat yang merupakan ujung tombak dewan adat. Kami hanya memonitor dan mengevaluasi. Apa yang menjadi maksud dan tujuan kita perjuangkan,” katanya.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, menyatakan salut dengan Damang Pasak Talawang, karena ketika dilantik telah menyusun program jangka menengah dan jangka panjang salah satunya membangun Betang Karuhei Tatau.

Untuk itu, ia menekankan kepada perusahaan yang berada di wilayah Pasak Talawang wajib membantu masyarakat Pasak Talawang dalam segala hal, salah satunya penyelesaian pembangunan betang tersebut.

“Saya minta betang ini kita selesaikan bersama-sama. Kemudian tugas dari perusahaan mulai besok kontak ke pimpinan pusat untuk mengurus BTS telepon seluler, supaya kita bisa berkomunikasi,” kata Ben Brahim.

Kemudian, Ia juga menyampaikan rasa bangganya kepada Damang Pasak Talawang karena mempunyai komitmen dan perhatian, salah satunya insentif para mantir adat diperjuangkan olehnya baik dengan adanya dukungan dari perusahaan-perusahaan di sekitar kecamatan. “Saya mendukung dan dari pemerintah sudah ada. Mudah-mudahan tahun depan kita naikkan lagi,” katanya.

Ben juga menegaskan akan mendukung pemekaran Kabupaten Kapuas Ngaju untuk diperjuangkan bersama-sama dan ia juga meminta agar masyarakat memilih putra /putri terbaik untuk memimpin kabupaten tersebut nantinya.

“Saya punya keyakinan bahwa warga Pasak Talawang pasti mengasihi saya dan saya pun akan berjanji untuk tidak akan pernah berhenti dan berjuang membangun jalan dari Pujon sampai tembus ke Sei Hanyo. Ini tekad saya, karena jalan adalah yang paling sangat diperlukan,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...