LKPD 2016, Kabupaten Lamandau kembali Raih WTP

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Daerah Kabupaten Lamandau yang ke empat kalinya secara berturut-turut, kembali memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Penyerahan piagam penghargaan peroleh hasil LKPD tahun 2016 oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah, R. Cornell Syarif P diberikan langsung kepada Bupati Lamandau Marukan Hendrik yang didampingi sejumlah OPD dari Kabupaten Lamandau.

Untuk meraih hasil opini tersebut, Marukan Hendrik ketika diwawancarai menyampaikan, tentunya hal tersebut dapat diperoleh ketika Pemerintah Daerah sendiri telah membuat komitmen yang kuat dalam mengelola pemerintahan. Meski sebelumnya menjabat, pengelolaan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lamandau juga sempat carut marut.

“Karena ini begitu berat, saya yakin dan langsung saya pimpin sendiri sampai dengan sekarang. Mamang komitmen kita ketika baru menjabat, tentunya tidak sama dengan komitmen di sejumlah OPD,” jelas Marukan kemarin.

Sehingga kepala daerah sendiri, ujarnya lagi perlu meyakinkan jajarannya bagaimana memiliki komitmen yang sama. Memang ketika menyamakan komitmen ada yang bersifat lembut, ada yang agak keras sampai dengan harus dengan cara keras.

Tentu diperlukan ketegasan dari Kepala Daerah. Kalau tidak demikian, Marukan meyakini, hasil yang diinginkan terkait pengelolaan Keuangan Daerah seperti apa yang diharapkan tidak akan berhasil diperoleh atau dipertahankan.

“Artinya kalau ada hasil pemeriksaan itu, jika ada kekurangannya, kita berikan batas waktu misalnya terkait administrasi, dan sebagainya. Terhadap pegawai yang tidak memiliki komitmen yang sama, kita berikan teguran.” tambahnya.

Bahkan sebaliknya, jika ada pegawai atau jajaran OPD sudah bekerja dengan baik, Dirinya sebagai kepala daerah pun tidak lupa memberikan apresiasi dengan cara memberikan semacam hadiah kepada mereka yang bekerja baik, dengan maksud agar pegawai yang ada dapat bekerja lebih giat lagi.(arli)

Editor  : Hidayat

Comments
Loading...