Lima Desa Di Kapuas Diusulkan Untuk Dapat Bantuan Fasilitas Telekomunikasi

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar daerah setempat ikut kecipratan mendapatkan bantuan program lima ribu tower telekomunikasi yang akan dibangun di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Nor Alamsyah mengatakan, pihaknya  mengusulkan sebanyak lima desa agar bisa masuk dalam program bantuan pembangunan lima ribu tower telekomunikasi di seluruh Indonesia tersebut.

“Usulan kita sebenarnya dua belas desa, cuma dari pusat minta tiga desa prioritas. Tapi dari Pak Bupati minta tambahan dua desa, sehingga lima desa yang kita usulkan,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (10/5/2017).

Kelima desa itu yakni Desa Jangkang, Desa Supang, Desa Sungai Pinang, Desa Jakatan Pari dan Desa Palangkau Baru. “Mudah-mudahan bisa tersalur target pemerintah yang lima ribu tower telekomunikasi itu secara nasional yang batas waktunya hingga tahun 2019,” terang Alamsyah.

Mantan Kepala BPBD Kapuas ini mengungkapkan, Kementerian Kominfo sebenarnya dalam merealisasikan pembangunan fasilitas telekomunikasi mengacu pada program daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal). Sedangkan Kabupaten Kapuas tidak masuk dalam program 3T tersebut. “Di Kalteng yang masuk hanya Kabupaten Seruyan,” ujarnya.

Namun karena di Kabupaten Kapuas banyak terdapat desa-desa yang rawan bencana dan komunikasi yang terkendala, maka hal itu yang menjadi dasar Pemkab Kapuas melalui Dinas Kominfo mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan pembangunan fasilitas telekomunikasi.

“Jadi, itu dasar kita mengusulkan dan kami tinggal menunggu surat dukungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kemudian langsung akan kami kirim usulannya ke pemerintah pusat,” jelas Nor Alamsyah. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...