Lama Menanti, Akhirnya Pemko Palangka Raya Raih WTP

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Keinginan kuat Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk  mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Pemeriksaan Keuangan Daerah (LKPD) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng, akhirnya terwujud pada 2016.

Pasalnya penantian panjang selama tidak kurang dari sembilan tahun terbayarkan, dengan pertama kalinya Pemko Palangka Raya memperoleh  opini WTP atas laporan hasil pemeriksaan APBD 2016.

Kepala BPK Perwakilan Kalteng, Cornell Syarief P menyerahkan langsung piagam penghargaan atas hasil pemeriksaan atas LHP Kota Palangka Raya Tahun 2016,  kepada Walikota HM Riban Satia yang didampingi Wakil Ketua DPRD kota Ida Ayu Nia Anggraeni, dan sejumlah kepala OPD Palangka Raya, Senin (29/5) sore, di Auditorium BPK RI Kalteng.

Menurut Riban, pihaknya begitu menyambut baik harapan untuk mendapatkan opini WTP ini sudah terwujud. Meskipun cukup lama menunggu, tapi kata dia, hasil itu semua adalah kerja keras yang menghasilkan prestasi yang maksimal, sehingga opini WTP dapat diraih.

“Ini merupakan tahun yang pertama bagi kita untuk mendapat predikat WTP dari BPK RI. Kita berharap hasil maksimal yang diperoleh ini bisa dipertahankan, bahkan sampai dengan pemerintahan yang baru nantinya,” ungkap Riban usai menerima laporan hasil pemeriksaan APBD 2016.

Semuanya itu lanjut dia, adalah merupakan hasil komitmen bersama seluruh dari jajaran SKPD maupun bersama DPRD Kota Palangka Raya dalam upaya mempertanggungjawabkan keuangan daerah dengan baik.

“Maka itu  hasil opni WTP  harus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa mendatang,” sebutnya.

Dikatakan Riban, kenapa hasil opini WTP begitu lama baru diraih pihaknya, hal tersebut bukanlah tanpa sebab, karena mau tidak mau pemko harus melalui proses yang panjang untuk mampu meraih tingkatan tersebut, terutama dalam penyelenggaraan pelaporan keuangan setiap tahunnya harus dilakukan dengan peningkatan hingga mencapai hasil maksimal.

“Jadi baru tahun inilah Pemko berhasil meraih opini WTP dari hasil audit LKPD tahun anggaran 2016. Kami menyadari untuk meraih WTP ini prosesnya cukup lama, bahkan sebelum saya menjabat sekalipun. Semua ini hasil kerja keras SKPD dan pihak-pihak terkait,” tuturnya.

Selain Pemko Palangka Raya, yang menerima WTP atas LKPD dari BPK RI Perwakilan Kalteng secara bersamaan diantaranya Kabupaten Barito Timur juga meraih WTP untuk pertama kalinya. Kemudian Kabupaten Sukamara mendapat WTP untuk yang ke lima kalinya dan Kabupaten Lamandau meraih WTP untuk keempat kalinya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...