Kunjungi Kabupaten Pandeglang, Ini Kata Dirjen Tanaman Pangan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan meminta Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk menanam padi seluas delapan puluh ribu hektar selama enam bulan. Karena untuk musim tanam April sampai September, Pandeglang menargetkan 54.000 hektar.

“54.000 hektar, untuk wilayah seluas Pandeglang masih kurang. Harusnya 80.000 hektar/6 bulan mulai dari April sampai September”, demikian disampaikan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Sumarjo Gatot Irianto, pada kegiatan program Upaya Khusus (Upsus) Luas Tambah Tanam (LTT) Padi di wilayah Kodim 0601, di Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi. (25/05/2017)

Dirjen mengintruksikan, untuk perluasan tambah tanam padi setiap koramil yang memiliki potensi lahan pesawahan, harus dapat proaktif membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan produksi padi.

“Ini tanggung jawab kita semua, ujung tombak swasembada pangan nasional ada di Kabupaten. Dandim harus mengintruksikan kepada koramil untuk memasang tenda disetiap pesawahan yang akan ditanami untuk terus mengawal dan membantu masyarakat (petani – pen)”, ungkapnya

Gatot berharap, setiap pesawahan yang bukan tadah hujan, jangan sampai ada yang tidak tergarap.

“Saya tidak mau lihat pesawahan yang airnya cukup, tapi tidak ditanami. Untuk itu para Camat, dan Koramil harus turun ke lapangan bantu Bupati untuk perluasan areal tambah tanam padi”, harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, apa yang diharapkan oleh Dirjen Tanaman Pangan, Pemda Pandeglang siap untuk mengejar target tersebut.

“Nanti kami akan turun langsung ke lapangan bersama Camat, dan para kepala desa untuk mewujudkan swasembada pangan di Indonesia, Banten, dan Pandeglang”, katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pertanian Wowon Dirman, ia menuturkan bahwa memang musim tanam saat ini Dinas Pertanian hanya menargetkan 54.000 hektar.

“Jika Dirjen mengintruksikan harus mencapai 80.000 hektar, kami siap mengejar target tersebut”, katanya. (Humas Pemkab Pandeglang)

 

Comments
Loading...