Komisi I DPRD Kapuas Dukung Dinas PU Ajukan Empat Perda Baru  

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas menyambut baik rencana Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kapuas mengajukan 4 buah  peraturan daerah yang baru.

Empat peraturan baru tersebut yakni Perda tentang izin penebangan pohon, Perda tentang pengelolaan ruang terbuka hijau, Perda tentang pengelolaan tempat pemakaman umum dan Perda tentang pengelolaan sampah.

“Kami dari Komisi I DPRD Kapuas menyambut baik rencana itu, hanya saja bahwa program pembentukan peraturan daerah ini harus benar-benar terprogres secara baik dulu dan disusun melalui program legilasi daerah yang saat ini disebut program pembentukan peraturan daerah (Propemperda),” kata Ketua Komisi I DPRD Kapuas H Darwandie, Selasa (2/5/2017).

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, setidaknya ada 20 rencana pembentukan peraturan daerah yang sudah masuk dalam Propemperda DPRD Kapuas, diluar empat Perda yang direncanakan Dinas PUPRPKP tersebut.

“Kalau memang ada keinginan Dinas PUPRPKP mengajukan empat Perda itu maka harus dikoordinasikan lebih lanjut untuk dipertimbangkan, apakah bisa masuk dalam Propemperda tahun ini atau tidak,” ujarnya.

“Pada prinsipnya kami mendukung terbentuknya produk hukum daerah ini, apalagi Perda itukan sifatnya baik, seperti Perda izin penebangan pohon, memang sudah selayaknya harus ada peraturan daerah untuk melindungi keberadaan pohon-pohon pelindung dan pohon penghijauan yang ada di Kota Kapuas,” katanya.

Keberadaan ruang terbuka hijau, lanjut Darwandie, perlu adanya sebuah aturan untuk mengatur pemanfaatan dan pengelolaannya. “Salah satu contoh ruang terbuka hijau kita yang ada di Taman Kesenian Jl Tambun Bungai Kuala Kapuas, dimana di dalamnya ada kerjasama antara pemerintah daerah dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD). Akan lebih baik kalau pengelolaan RTH itu ada aturan khusus yang mengaturnya,” pungkasnya.(irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...