Ketua FORMI Pandeglang: Kami Siap Menampung Potensi Yang Ada

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Berkembangnya zaman dan teknologi membuat kearifan lokal dan budaya suatu daerah semakin tergerus, hal ini menyebabkan suatu budaya terancam punah. Atas dasar hal tersebut, dibentuk Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Pandeglang guna menjaga kearifan lokal dan budaya tetap eksis.

“Kegiatan FORMI ini setiap tahun diadakan, minimal pada Agustusan,” terang Ketua FORMI Pandeglang Yangto saat menyampaikan sambutannya pada Pelantikan Pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) di Pendopo Kabupaten Pandeglang, siang tadi. (17/05/2017)

Ia melanjutkan, FORMI siap menampung potensi yang ada di Kabupaten Pandeglang, salah satunya FORMI siap mengirimkan utusan dari Pandeglang yang ingin mengikuti pertandingan nasional yang akan diselenggarakan di Banjarmasin.

“Semoga dengan adanya FORMI, dapat mempererat kerja sama”, imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua FORMI Banten Ahmad Subadri menuturkan, dalam UU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, olahraga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu jenis olahraga kesehatan dan kebugaran seperti senam aerobik, jenis olahraga tradisional dan budaya seperti layang-layang dan panco, dan jenis olahraga Petualangan dan tantangan seperti olahraga menembak (paintball) dan arum jeram.

Menurutnya, mengembangkan olahraga tidak sekedar partisipasi masyarakat, tetapi pemerintah juga wajib membantu terutama bantuan biaya. Namun, FORMI harus kreatif untuk mencari sumber dana lain melalui kemitraan.

“FORMI harus kreatif, jangan hanya mengandalkan dana dari pemerintah, tapi kreatif mencari dana dari mitra seperti TNI atau Polri,” jelasnya. (IY)

 

 

Comments
Loading...