Kesbangpol Sosialisasikan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Parpol

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Masih Kurang sempurnanya dalam laporan dana bantuan parpol memaksa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik (Parpol) di Palangka Raya.

“Melalui sosialisasi diharapkan para pengurus partai politik yang ada di Kota Palangka Raya semakin memahami tata cara pengelolaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan,” kata Ketua Panitia, Aston Pakpahan, Selasa (16/5).

Lanjutnya, pengelolaan bantuan keuangan parpol menjadi hal yang sangat strategis untuk menjadi pemahaman dan informasi yang krusial bagi seluruh parpol. Dia pun berharap, melalui sosialisasi tersebut akuntabilitas dan transparansi penyusunan penggunaan anggaran oleh partai politik semakin baik.

Sementara itu, Plt Sekda Kota Palangka Raya, Kandarani mengatakan, substansi bimbingan teknis ditekankan pada produk hukum yang menjadi landasan partai politik dalam menggunakan dan mempertanggungjawabkan bantuan keuangan parpol yang diberikan Pemerintah.

“Peserta Rakor diharapkan mampu memahami secara substansi produk hukum dimaksud sehingga nantinya dapat lebih mudah memberikan pelayanan tugas selaku tim verifikasi keuangan kepada parpol,” tukasnya.

Terkhusus terkait pelaksanaan Pilkada Serantak 2018, dia berharap seluruh parpol yang akan turut bertarung dapat memilih kandidat calon wali kota dan wakil wali kota yang berkualitas dan berkarakter. “Sehingga yang terpilih nantinya mampu membawa masyarakat Palangka Raya pada peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Dia pun berharap seluruh parpol yang turut ambil bagian dalam pilkada tetap mengedepankan politik santun sehingga suasana aman dan nyaman yang selama ini terpelihara tetap terjaga.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...