Jelang Ramadhan Harga Sembako di Palangka Raya Masih Stabil

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sudah menjadi hal yang wajar bila harga sembako jelang bulan suci Ramdhan selalu mangalami kenaikan, untuk mengantisipasi lnojakan yang mendadak pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan pemantauan harga di pasaran.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Diskoperindag, Aratuni D Djaban, untuk mengantisipasi lonjakan pihaknya melakukan pengawasan harga di pasaran, selama kurang lebih seminggu pemantauan hingga saat ini harga masih cukup stabil.

“Harga pasaran masih cukup stabil, baik bahan pokok yang datang dari luar kota Palangka Raya ataupun yang berasal dari dalam kota,” ucapnya saat diwawancarai, senin (22/5).

Dalam pantauan pengendalian harga pasaran, lanjutnya, Diperoleh data harga, Beras lokal (siam) Rp 16.000/kg, Telur ayam ras Rp 27.000/kg, Bawang Putih Rp 50.000/kg, Bawang Merah Rp 28.000/kg, Daging Sapi Rp 125.000/kg, ayam Kampung Rp 65.000/kg, Minyak goreng Rp 13.000/liter.

“Dari data harga sembako tersebut hanya ada dua barang yang mengalami kenaikan dan penurunan, seperti Bawang Merah yang mengalami penurunan Rp 2.000/kg menjadi Rp 28.000/ kg dari sebelumnya Rp 30.000/kg dan Ayam Kampung yang mengalami kenaikan Rp 5000/kg menjadi Rp 65.000/kg dari Rp 60.000/kg,” jelasn Aratuni.

Pihaknya juga akan melakukan pasar penyeimbang untuk mengendalikan lonjakan harga, dan juga akan melakukan pasar ramadhan, namun hal itu perlu adanya koordinasi dengan beberapa pihak.

“Dalam waktu dekat akan segera melakukan rapat guna mempersiapkan dan langkah antisipasi lonjakan harga bahan pokok di pasaran yang biasa terjadi setiap tahunnya,” imbuhnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...