Ini Tuntutan Mahasiswa Pada Hari Buruh di Sumut

MENARAnews, Medan (Sumut) – Gabungan mahasiswa sesumatera utara gelar aksi solidaritas hari buruh Internasional di bawah flyover jamin ginting, medan, Senin (1/5/2017)

Massa yang tergabung dalam beberapa elemen seperti KDAS (kelompok diskusi dan aksi sosial), Gemaprodem (gerakan mahasiswa pro demokrasi), formadas (forum mahasiswa sumatera utara) , gmnk fis unimed (geraka mahasiswa nasional indonesia), barsdem ( brisan mahasiswa demokrasi), Komentar, Gema Tobasa, Pamut nomensen, front peta, FMN medan, Hima Tobasa memadati ruas jalan jamin ginting sambil bergantian menyampaikan aspirasi nya.

Terkait targetan aksi pimpinan aksi Budi rajagukguk dari GEMAPRODEM menyampaikan bahwa momentum hari buruh adalah titik pergerakan kaum buruh diindonesia dimana saat ini kepentingan mayoritas dikorbankan demi kepentingan minoritas elite.

“kondisi buruh yang saat ini tidak sejahtera adalah wujud pemerintahan yang buruk, kualitas pendidikan, jaminan kesehatan dan taraf hidup yang rendah itu yang mendorong kami lakukan aksi solidaritas ini bg, kami haya ingin buruh mandiri dalam pengelolaan alat produksi (mesin, tanah dan upah), dan untuk petani kembalikan seluruh haknya, kembalikan tanah petani” ujar budy

Inilah yang menjadi tuntutan massa aksi :
1. Wujudkan pendidikan gratis, objektif, ilmiah dan bervisi kerakyatan.
2. Tolak komersialisasi dalam dunia pendidikan.
3. Tolak pengisapan terhadap buruh
4. Wujudkan hidup buruh sejahtera
5. Tolak intervensi asing (IMF, WORLD BANK, etc)
6. GOLPUT aktif dalam kegiatan pemilu
7. Anti elite politik dan partai
8. Kembalikan tanah rakyat.

Aksi yang sebelumnya damai mendapat tekanan dari aprat, massa yang geram mencoba membakar ban dan membuat terjadi gesekan  antara massa unjuk rasa dengan kepolisian. Polisi yang mencoba melawan mendapat perlawanan dari massa unjuk rasa hingga terjadi pukul-pukulan. Kondisi yang memanas membuat kepolisian menurunkan 3 watercanon dan puluhan satuan sabharauntuk antisipasi.

Kondisi lalu lintas macet total dari A.H Nasution menuju Jamin Ginting dan sebaliknya dialihkan menuju ngumban surbakti. (Pik)

Comments
Loading...