Ini Tanggapan Gapai Sumut Soal Pembubaran HTI

MENARAnews, Medan (Sumut) – Gerakan Gerakan Anti Penistaan Agama Islam (GAPAI) Sumatera Utara juga angkat bicara soal rencana pemerintah yang berniat membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia.
Wakil Koordinator GAPAI Sumut Aidan Nazwir Panggabean menyebut langkah pemerintah itu adalah blunder. “Pemerintah melakukan pembubaran berdasarkan apa yang kita ketahui dari ahli-ahli hukum ini adalah langkah blunder, karena tanpa ada peringatan, langsung dibubarkan,” kata Aidan, Selasa (09/05/2017).
GAPAI Sumut juga menilai langkah yang diambil semakin menunjukkan pemerintah berwatak tirani. Karena seharusnya keputusan membubarkan organisasi harus melalui mekanisme pengadilan.
“Karena mereka akan ditetapkan keabsahan keberadaan mereka, juga ditetapkan undang-undang dan hukum. Mereka terdaftar di Menkumham,” imbuhnya.
Terkait pembubaran HTi, GAPAI Sumut langsung mengambil sikap penolakan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan seluruh elemen membahas hal tersebut.
Pada intinya kami keberatan terhadap sikap pemerintah yang telah membubarkan HTI tanpa proses pengadilan,” tandas Aidan.
Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto mengatakan, langkah pemerintah membubarkan HTI karena wacananya untuk mendirikan pemerintahan khilafah dan dianggap anti Pancasila. (yug)
Comments
Loading...