Ikuti Festival Isen Mulang Di Sampit, Kapuas Akan Berangkat Puluhan Peserta

 

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Kabupaten Kapuas memastikan akan ikut ambil bagian dalam Festival Budaya Isen Mulang (FIBM) Tingkat Provinsi Kalteng yang diselenggarakan di Kabupaten Kota Waringin Timur pada 19-27 Mei 2017.

“Dari Kabupaten Kapuas kita akan berangkat sebanyak 80 orang yang terdiri dari peserta lomba dan oficial,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Drs Tatang Lesmana, di Kuala Kapuas, Jumat (12/5/201).

Dari sebanyak 19 cabang yang dilombakan dalam Festival Budaya Isen Mulang tersebut, Kabupaten Kapuas akan mengikuti sebanyak 14 cabang lomba dengan target dapat meraih juara umum. “Kalau ditanya target sih, ya mudah-mudahan kita bisa jadi juara umum,” ucapnya seraya menyebutkan pelepasan kontingen FBIM Kapuas akan dilaksanakan pada 17 Mei 2017.

Bersarkan petunjuk tekhnis Festival Budaya Isen Mulang yang rutin gelar setiap tahunnya itu, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan provinsi dan kabupaten/kota, dalam rangka melestarikan dan menumbuh kembangkan seni dan budaya dan kepariwisataan Kalimantan Tengah.

Kemudian melestarikan olahraga tradisional masyarakat dayak Kalimantan Tengah, memperkenalkan kearifan budaya lokal, sebagai wadah bagi seniman untuk menampilkan kreatifitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi. Termasuk sebagai sarana promosi pariwisata kabupaten/kota, dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Kalteng.

Adapun sasaran dari kegiatan FBIM itu sendiri, adalah seniman dan budaya lokal kabupaten/kota di Kaliman Tengah, masyarakat Kota Palangka Raya pada khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya, para pariwisatawan baik nusantara dan mancanegara yang berkunjung di Kota Palangka Raya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...