HMI Minta Perda Kapuas Tentang Minuman Beralkohol Direvisi

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Kapuas, meminta agar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2011 tentang retribusi perijinan tertentu yang di dalam juga mengatur tentang izin penjualan minuman beralkohol, direvisi.

Menurut Ketua HMI Kapuas Muhamad Mirza, peraturan daerah yang mengatur tentang izin minuman beralkohol harus direvisi atau dirubah dengan memuat aturan yang lebih tegas lagi terhadap tempat penjualan minuman beralkohol.

Berdasarkan pengamatan PMD KAHMI dan HMI Cabang Kapuas,  tempat dan waktu penjualan minuman beralkohol di Kapuas sangat normal seperti orang jual pulsa bisa sampai 24 jam dan cepat laku seperti es cendol. Setidaknya, terdapat 6 tempat penjualan minuman beralkohol di daerah setempat yang sangat dekat dengan sekolah, pemukiman warga dan rumah ibadah dan lainnya.

“Konsumennya pun secara Kasat mata kebanyakan anak usia sekolah seperti SMP dan SMA. Penjualnya tidak melihat usia, tapi yang jadi kartu pengenal ID pembeli cukup uang saja,” terang Mirza saat rapat dengar pendapat dengan Komisi I dan Komisi IV DPRD Kapuas, Jumat (12/5/2017).

Karena itu, HMI Cabang Kapuas, ujar Mirza, meminta agar Perda Nomor 3 Tahun 2011 itu direvisi untuk selanjutnya diatur lebih tegas lagi terkait perizinannya dan menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan atau peraturan menteri yang terbaru yaitu Perpres Nomor 74 Tahun 2013, Permendagri Nomor 20 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 06 Tahun 2015.

Dalam rapat dengar pendapat, sejumlah anggota DPRD Kapuas pun setuju jika peraturan daerah yang juga mengatur tentang minuman beralkohol tersebut direvisi. Namun untuk memutuskan hal itu akan ditindaklanjuti dengan rapat bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Kita akan jadwalkan rapat bersama eksekutif dan legislatif untuk menindaklanjutinya, apakah harus direvisi atau dicabut Perda itu, keputusannya mudah-mudahan dapat disimpulkan dalam rapat kita dengan eksekutif itu nanti,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kapuas, Lawin ditemui usai rapat. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...