DPW Partai Nasdem Kalteng Hanya Rekomedasi 3 Nama Bacalon Pilkada 2018

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dari 119 nama atau peserta yang mengambil dan mengembalikan berkas formulir ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten/Kota untuk diusung dan didukung sebagai Bakal Calon (Bacalon) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 13 Kabupaten dan 1 Kota Palangka Raya se Kalimantan Tengah 2018 nanti. saat ini sudah ada 81 nama yang akan masuk ke tahap berikutnya.

Dari 81 nama yang akan maju ke tahapan berikutnya tersebut, akan dielakukan survei ke masing-masing nama bacalon melalui beberapa lembaga survei yang sudah ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, diantaranya seperti Indo Barometer, Indikator, Metro dan lian-lain yang dilakukan sejak tanggal 4 Mei 2017 sampai dengan saat ini.

Ketua Dewan Pembina Partai Nasdem Ujang Iskandar dalam konferensi pers senin (15/05) di Rumah Restorasi Partai Nasdem Jl.Adonis Samad Kota Palangka Raya menyampaikan, dari 119 orang yang mendaftarkan diri ke Partai Nasdem tentunya putra dan putri terbaik dan sudah terseleksi dari masing-masing Kabupaten atau Kota di Kalteng.

“Namun sejumlah tahapan yang dilakukan seperti tahapan penjaringan, tahapan wawancara dan tahapan survei merupakan syarat atau kewajiban yang harus dilaksanakan Bacalon. Dan hasil survei ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar atau acuan untuk Partai Nasdem dalam memberikan rekomendasi kepada Bacalon ke DPP Partai Nasdem,” jelas Ujang Iskandar.

Tentunya Bacalon yang akan direkomendasikan ke DPP Partai Nasdem melalui Badan Pemilihan Umum (Bapilu) yakni minimal dua nama dan maksimal 3 nama. sebelumnya ujarnya, nama yang akan direkomendasikan diputuskan dalam hasil rapat pleno yang dilaksanakan di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kalteng.

Pihaknya juga mempersilahkan kepada masing-masing bacalon untuk melakukan survei sendiri-sendiri. Tentunya menggunakan lembaga survei yang sudah ditunjuk partai sebelumnya, dan hasil survei nanti bisa disampaikan langsung kepada DPW Partai Nasdem melalui tim penjaringan yang sudah dibentuk.

“Kami juga sebelumnya memohon maaf sebesar-besarnya kepada Bacalon yang tidak terekomendasikan oleh Partai Nasdem. Tentu dalam hasil rapat pleno nantinya seperti yang saya sampaikan tadi, hanya muncul 3 nama yang akan direkomendasikan,” jelasnya menambahkan.

Lanjut Ujang menambahkan lebih dalam, tentunya Partai Nasdem telah membuka pintu selebar-lebarnya bagi nama atau bacalon yang belum punya kesempatan yang tidak terusung dalam Pilkada 2018, untuk bergabung kembali ke kami untuk mencalonkan diri lagi dalam Pilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 nanti.

Disisi lain, Ketua DPW Partai Nasdem Kalteng, Faridawati Dahlan Atjeh menyampaikan, dari 119 orang yang mendaftarkan diri sebelum ke partai Nasdem, ada Bacalon yang memundurkan diri dan ada juga yang mengembalikan berkas, akan tetapi berkas yang dikembalikan oleh bersangkutan tidak lengkap serta tidak memenuhi persyaratan.

“Dari 81 orang yang terjaring ini nanti akan kita undang semua agar pelaksanaan nanti bisa berjalan dengan lancar. Insyaallah dalam beberapa hari kedepan, kita akan mempersiapkan rapat pleno secara terbuka dan hasilnya juga akan disampaikan ke rekan-rekan wartawan. mudah-mudahan proses pelaksanaan bisa lebih cepat,” Faridawati Dahlan Atjeh.

Ketika disinggung terkait ada kemungkinan penambahan calon lain di tingkat DPP Partai Nasdem. Ia menyatakan dengan tegas, pengalaman sebelumnya tidak pernah terjadi penambahan nama Bacalon diluar dari nama bacalon yang sudah direkomendasikan di tingkat DPW. Terkecuali dari semua Balon yang direkomendasikan tidak memenuhi persyaratan.

Maka ujarnya lagi menambahkan, tidak menutup kemungkinan DPP Partai Nasdem sendiri nantinya akan melakukan penambahan nama bakal calon untuk diusung oleh partai Nasdem. Kendati demikian, Farida meyakini, hal tersebut tidak akan terjadi, mengingat dan berdasarkan dari proses dan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Dia menginformasikan dari 81 nama balon yang mengikuti proses tahapan survei di 13 Kabupaten dan 1 Kota Palangka Raya dapat dirincikan sebagai berikut yakni untuk Kota Palangka Raya ada 11 nama bacalon, Kabupaten Katingan 12 nama, Gunung Mas 7 nama, Seruyan 12 nama, Lamandau 11 nama, Sukamara 5 nama, Barito Timur 6 nama, Barito Utara 3 nama, Murung Raya 4 nama, Kapuas 6 nama dan Pulang Pisau 4 nama.

Selain itu, Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Hamdani mengucapkan rasa syukur atas kepercayaan masyarakat kepada Partai Nasdem. Hal itu dapat dilihat dari bacalon yang mendaftarkan diri ke Partai Nasdem merupakan putra dan putri terbaik di masing-masing Kabupaten dan Kota untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan Pilkada 2018.

“Tujuan dari tahapan proses yang diikuti oleh Bacalon merupakan tugas yang diamanahkan oleh Undang-Undang Pilkada 2018. Oleh karena itu, sebagai perwakilan dari DPP Partai Nasdem kami menyambut baik hasil verifikasi ini. Kami bekerja siang dan malam hanya untuk menentukan orang terbaik yang akan diusung nantinya” tutup Hamdani.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...