Distan Tubaba Persiapkan Bantuan Bibit Kelapa Kopyor

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) saat ini sedang mempersiapkan salah satu program unggulan berupa bantuan bibit tanaman kelapa kopyor. Nantinya bantuan bibit tanaman tersebut akan diberikan kepada para petani untuk membantu peningkatan kesejahteraan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba Abdul Ranni mengatakan program bantuan bibit tanaman kelapa kopyor dipilih, karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Kelapa kopyor merupakan tanaman kelapa yang mengalami mutasi genetik secara alamiah.

Kelapa kopyor adalah mutan kelapa yang ditemukan di antara populasi kelapa normal. Kelapa ini merupakan komoditas andalan yang bernilai ekonomi tinggi dan di cirikan oleh daging buah yang bertekstur gembur dan sebagian besar tidak melekat di tempurungnya.

“Kelapa kopyor ini bahan utama pembutan es, harga jualnya cukup tinggi. Kemudian untuk pemeliharaan dan perawatan tanaman juga cukup mudah,“ kata  Abdul Ranni, Rabu (10/5/2017).

Dia menerangkan, bibit kelapa kopyor yang akan diberikan kepada para petani itu  sengaja dipilih dari varietas unggulan.

“Bantuan bibit yang akan kita berika nanti, merupakan varietas unggul. Kalau teknis perawatanya benar, dalam waktu empat tahun sejak tanam sudah bisa berbuah,“ terangnya.

Terkait jumlah bibit dan penerima bantuan tersebut, dia mengaku belum ditetapkan, masih menunggu survei harga untuk menyesuaikan dengan kondisi anggaran.

Dia memperkirakan, program bantuan bibit kelapa itu dimulai bulan Oktober mendatang. “Sebelumnya, kita akan berikan pelatihan teknis penanaman dan perawatan tanaman kepada para petani calon penerima bantuan,“ jelasnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...