Diskominfo Palangka : Provider Numpang Dalam Satu Tower Bakal Ditarik Restribusi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, bakal melakukan penarikan retribusi kepada provider yang nangkring atau numpang dalam satu tower.

Ini upaya untuk memaksimalkan penyerapan anggaran untuk kas daerah,kata Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Murni, Senin (22/5).

Dikatakan, selama ini pemerintah kota (pemko) hanya menarik biaya restribusi per tower telekomunikasi. Meskipun saat ini disadari terdapat banyak provider dengan base transceiver station (BTS) nya masing-masing yang masih nangkring atau numpang dalam satu tower.

Saat ini lanjut Murni, pihaknya tengah menggodok aturan terkait aturan baru penarikan retribusi menara telekomunikasi. Melalui aturan baru nantinya diharap dapat meningkatkan keuangan daerah.

“Jadi kedepan jika semuanya sudah siap retribusi akan dihitung berdasarkan jumlah BTS dari provider,” bebernya.

Hanya saja untuk pengaplikasiannya kata Murni,  kemungkinan belum bisa dilakukan dalam waktu dekat seraya menunggu aturan baru selesai digodok.

Dijelaskan, untuk penggunaan bersama dalam satu tower m,asih dianggap merupakan tindakan yang legal. Karena, pihaknya imbuh Murni belum memiliki dasar dalam  mengatur serta melarang ketentuan tersebut.

Terlebih pemerintah itu sendiri, tidak memiliki kewenangan untuk  membangun tower, semuanya dilakukan oleh pihak swasta yang kemudian di sewakan kepada tiap provider untuk memasang BTS di atas tower.

Pun demikian,  penggunaan tower bersama merupakan langkah yang cukup efektif, dapat menekan jumlah bangunan tower agar tidak tersebar kemana-mana pendiriannya.

“Memang, jika semua mendirikan tower sendiri-sendiri dapat dipastikan Kota Palangka Raya penuh dengan hutan tower telekomonikasi,” tandas Murni.

Hanya saja dampak penggunaan tower bersama akan mempengaruhi settiap BTS yang memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Sehingga sedikit banyak akan berpengaruh terhadap sinyal yang di pancarkan,” tukasnya.

Imbuhnya, Perbedaan akan selalu ada, antara tower yang diisi satu BTS dengan tower yang diisi tiga sampai empat BTS.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...