Diskan Tubaba Akan Programkan Budidaya Ikan Hias

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Budidaya Ikan Hias menjadi salah satu bidang usaha kerakyatan yang cukup menjanjikan saat ini. Namun sayangnya pengembangan dan pemberdayaannya masih sangat minim. Sebab itulah, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) berencana memprogramkan Budidaya Ikan Hias di wilayah kabupaten setempat meskipun beberapa faktor menjadi kendala, salah satunya terkait dengan ketersediaan anggaran.

Kepala Diskan Tubaba Hidarsan mengatakan, jika program itu tetealisasi maka akan menjadi salah satu langkah untuk mencukupi kebutuhan ikan hias, bahkan di wilayah Provinsi Lampung yang dinilai belum mencukupi kuota ikan hias. Pada 2017 ini pihaknya sudah mulai mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memulai budidaya ikan hias tersebut. “Meskipun saat ini baru rencana, namun sudah kita mulai sosialisikan kepada masyarakat,” ungkapnya kepada Wartawan, Rabu (3/5/2017).

Kedepannya, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan Diskan Tubaba akan menyuplai benih ikan hias kepada masyarakat yang berminat membudidayakannya. “Kedepannya tergantung dananya, apabila dana kita memadai maka akan kita sediakan benih ikan hias dan akan kita bagikan kapada  masyarakat yang mengajukan melalui kelompok. Tapi untuk tahun 2017 ini masih terkendala dana,” cetusnya.

Hidarsan menegaskan, budidaya ikan hias secara tekhnis sangat memungkinkan dikembangkan di Tubaba, mengingat pembibitan ikan hias sendiri tidak memerlukan tempat yang luas, meskipun sangat membutuhkan ketelitian yang cukup pada pemeliharaannya. “Saya rasa  di Tubaba ini bisa, apalagi masih banyak ikan lokal di daerah ini yang bisa menjadi ikan hias dan dikembangbiakkan,” ujarnya.

Selain untuk mencukupi permintaan ikan hias, target utama program budidaya ikan hias tersebut adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sebab ikan hias memiliki nilai jual yang cukup dipasaran. “Jika udah berkembang, maka bisa menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat. Hal itu juga bisa dijadikan sebagai langkah untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Tubaba kendaerah lain hingga ke tingkat Nasional. Harapannya semoga ini bisa terealisasi dan terlaksana dengan baik,”pungkasnya.

Ari (29), warga di Kecamatan Tulang Bawang Tengah mengatakan sangat menyambut baik rencana tersebut, bahkan dia berharap program tersebut dapat terealisasi. “Ini sangat baik, karena walaupun ada, tapi masih sangat sedikit yang mengembangkan budidaya ikan hias. Jika terealisasi, maka itu akan menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat untuk mendongkrak pendapatan dan perekonomian masyarakat,” singkatnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...