Dishub Pandeglang Sediakan Kuota Mudik Gratis

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang menyediakan kuota mudik gratis bagi 60 orang. Program mudik gratis tahun ini menggunakan angkutan bus, dengan tujuan kesejumlah daerah di Pulau Jawa.

Kepala Dishub Pandeglang Tata Nanzar Riadi mengungkapkan, mudik gratis ini merupakan program rutinitas yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan untuk membantu masyarakat yang ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman saat hari raya Idul Fitri mendatang.

“Kuota mudik gratis ini disediakan oleh Dishub Provinsi Banten, jatahnya mencapai 2000 orang. Namun, saat ini sudah ada 4 orang yang terdaftar di Pandeglang. Namun, bisa saja bertambah apabila animo masyarakat meningkat,” katanya, Rabu (31/5/2017).

Ia menjelaskan, pendaftaran mudik gratis tersebut dimulai sejak 29 Mei hingga 21 Juni 2017. Jadwal pemberangkatan direncanakan pada tanggal 22 Juni nanti dengan tujuan Tasikmalaya, Jawa Barat, Cirebon, Jawa Tengah, Tegal, Purwokerto, Magelang, Semarang, dan Solo.

“Biasanya peminat mudik gratis paling banyak berasal dari Kecamatan Panimbang dan Labuan karena kedua daerah tersebut ramai dengan pendatang,” imbuhnya.

Dijelaskannya, program mudik gratis ini sebagai upaya dari Dishub untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi para pemudik serta untuk mengurangi beban kendaraan pada saat arus mudik.

“Selain itu, program tahunan ini juga bertujuan guna meminimalisasi kesemrawutan kemacetan hingga mengurangi angka kecelakaan saat mudik lebaran,” tutur mantan Kadis Perikanan dan Kelautan itu.

Adapun syarat yang dibutuhkan, lanjut Tata, sangat mudah dan sederhana. Dimana calon pemudik hanya diminta untuk menyerahkan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang berdomisili Banten serta mengisi formulir yang telah disediakan.

“Para calon pemudik hanya diminta untuk mendaftar langsung ke kantor Dishub dan kantor UPT Dishub Banten,” tutup Tata. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...