Dishub Palangka Raya Siapkan Halte Safety

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Masih banyaknya kendaraan angkutan umum yang berhenti di sembarang tempat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya akan segera membangun halte Safety hal itu dimaksudkan agar angkot bisa mengambil penumpang dengan aman. Itu juga salah satu bentuk peningkatan kualitas pelayan umum kepada masyarakat.

Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Drs Eldy menyebutkan Halte Safety nantinya dirancang menyerupai Halte Bus Trans di Jakarta. Yakni sedikit menjorok masuk ke dalam, memberikan ruang bagi angkutan umum untuk menjemput penumpang.

“Ini juga sebagai persiapan penerimaan hibah bus gratis dari pemerintah pusat pada 2018 mendatang,” tutur Eldy, Senin (29/5).

Pihaknya saat ini sedang menggodok aturan dan rancangan halte, untuk diusulkan pada APBD perubahan nanti. Diperkirakan untuk menyelesaikan satu Halte Safety yang sesuai standar akan membutuhkan dana sekitar Rp25 juta.

“Sementara, kita akan sediakan tiga halte dulu yang tersebar di beberapa lokasi strategis di Kota Cantik,” sebut Eldy.

Halte pertama terletak di Jalan Mahir Mahar km 10, kedua di kawasan Kelampangan dan yang terakhir di Bandara Tjilik Riwut.

“Tetapi kita tidak membangunnya secara serentak. Nantinya akan dibangun dengan bertahap menyesuaikan anggaran yang dimiliki,” terang mantan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu itu.

Dia berharap usulannya dalam APBD perubahan pertengahan tahun 2017 dapat disetujui. Karena, pihaknya menargetkan sebelum memasuki APBD murni 2018 dan masuknya bantuan bus dari pusat infrastruktur sudah memadai dan dapat difungsikan. (AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...